Friday, November 11, 2016

5 Bahasa Pemrograman yang Mudah dipelajari untuk Pemula

bahasa coding yang mudah untuk dipelajari
 Bahasa pemograman atau coding adalah suatu bahasa untuk perintah komputer dan aplikasi, di dunia yang semakin canggih ini banyak sekali dibutuhkan ahli IT. Apalagi jika bekerja pada yang ada hubungannya tentang coding pastinya mendapat bayaran gaji yang tinggi.
bahasa pemrograman javascript
Namun siapa sangka belajar bahasa pemrograman tak mudah, butuh waktu dan sekolah atau kuliah di jurusan tertentu untuk dapat menguasai nya.

Pertanyaannya untuk pemula (newbie) yang ingin belajar atau baru saja belajar coding menggunakan apa? untuk memulai memang banyak tersedia bahasa pemorgraman untuk dipilih. Tapi yang mudah dan familiar untuk di pelajari oleh orang awam ada beberapa. seperti dilansir dari Techworm.net .

Berikut 5 bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari bagi pemula :

1. Python 
Tentu saja, bahasa coding paling mudah untuk belajar bagi peserta didik pertama kalinya adalah Python. Dikembangkan di tahun 80-an, Python adalah aplikasi open source dan bebas untuk digunakan, bahkan untuk aplikasi komersial. Hal ini biasanya digunakan dan disebut sebagai bahasa scripting, yang memungkinkan programmer untuk mengetikkan sejumlah besar kode mudah dibaca dan fungsional dalam jangka waktu yang singkat. Selanjutnya, itu juga dinamis, dan mendukung object-oriented, prosedural, dan gaya pemrograman fungsional, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang paling banyak digunakan saat ini.Ada beberapa tutorial resmi yang besar yang mudah diikuti dan kurang dari penekanan pada sintaks yang akan sesuai untuk pemula. Ini adalah batu loncatan yang baik untuk pindah dan belajar bahasa berorientasi objek lainnya.Python digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Google, Yahoo! dan NASA. Django adalah kerangka aplikasi web yang ditulis oleh Python, yang menjadi kekuatan situs yang sangat populer seperti Instagram, Pinterest dan The New York Times.

2. Ruby 

Mirip dengan Python, Ruby sederhana, mudah dibaca dan untuk orang-orang yang tidak memiliki jenis pengalaman pemrograman. Ruby sangat dinamis, berorientasi objek bahasa scripting yang digunakan dalam pengembangan situs web dan aplikasi mobile. Ini adalah bahasa yang memiliki kekuatan kerangka kerja, Ruby on Rails, yang berada di belakang situs seperti Twitter, Groupon dan GitHub. Hal ini juga banyak digunakan untuk pengembangan backend, dan situs populer seperti Airbnb, Shopify, Bloomberg, Hulu, dan Slideshare.Ketika belajar Ruby, Anda tidak perlu belajar miliaran perintah baru, seperti di beberapa bahasa coding lainnya. pengembang, Yukihiro Matsumoto, telah merancang untuk menjadikannya mudah dan praktis.Sangat mudah untuk belajar dengan 20 menit panduan cepat membantu di website resmi Ruby. Ini sangat mudah dan mudah dibaca dengan komunitas besar di balik itu programmer bersedia untuk menjawab pertanyaan. Ada banyak dokumentasi yang tersedia serta sumber daya yang besar yang akan membantu Anda untuk memahami Ruby dari awal. 

3. JavaScript 
Mungkin kamu pernah dengar dengan istilah ini, JavaScript adalah bahasa scripting terutama client-side digunakan untuk pembangunan front-end. Java adalah bahasa pemrograman sementara JavaScript adalah bahasa scripting. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk membuat website keren dan game untuk web. Bahasa Ini dinamis dan fleksibel untuk digunakan pada pemrograman berorientasi objek. Ini banyak berasal dari sintaks dari bahasa C.Javascript berjalan pada setiap platform tunggal dan pada browser Anda, bagi Anda untuk mulai belajar, yang berarti Anda tidak perlu menginstalnya. Jika Anda ingin membangun sesuatu untuk web, maka JavaScript harus berada pada daftar program untuk belajar. Namun, JavaScript juga dikenal sebagai bahasa yang sulit karena untyped dan karena itu sulit untuk debug.Jika belajar JavaScript terdengar menyenangkan bagi Anda, maka JavaScript memiliki beberapa materi pembelajaran online terbaik dan memungkinkan Anda mulai belajar langsung.

4. Java 

Java adalah salah satu bahasa pemrograman tujuan paling populer dan umum di dunia. Dirilis pada tahun 1995, Java 1.0 didasarkan pada prinsip 'Write Setelah Run Anywhere'. Ini adalah, bahasa berorientasi objek berbasis kelas dan dirancang menjadi portabel, yang berarti bahwa Anda dapat menemukannya di semua platform, sistem operasi dan perangkat.Java biasanya digunakan untuk membangun aplikasi Android, aplikasi desktop, dan video game. Hal ini juga sering digunakan sebagai bahasa server-side untuk pengembangan usaha tingkat back-end. Selain itu, menambah kemampuan bahasa C ++. Jadi, jika Anda sudah memiliki pengetahuan tentang C ++, itu akan membantu dengan belajar Java. Meskipun, Java adalah bahasa pemrograman yang sedikit rumit untuk pemula, programer setuju bahwa itu bisa menjadi sangat bermanfaat bahasa pemrograman untuk belajar pertama. Namun, ia memiliki satu set dasar konsep inti yang akan membantu Anda saat Anda menjalankan ke bahasa lain dan teknologi.pemrograman Java adalah sangat dicari keterampilan, memiliki pengetahuan itu membuka banyak jalan dalam hal pekerjaan. Jika Anda ingin mencobanya, pergi ke Java Pelajari Online dan mulai dengan pelajaran hari ini.

5. C / C ++

Sering digunakan untuk perangkat lunak sistem dan program lingua franca Sistem Operasi. C telah mempengaruhi hampir semua bahasa pemrograman, terutama C ++. Jadi, jika Anda tahu C dengan baik, Anda mungkin akan memiliki lebih sedikit gampang mengambil bahasa populer lainnya. Sejak C mengambil kode yang lebih kompleks untuk melakukan tugas-tugas sederhana, pemula mungkin merasa sulit untuk menjaga diri termotivasi jika mereka memilihnya sebagai bahasa pertama mereka. Namun, pengetahuan tentang C pasti akan membantu Anda sebagai seorang programmer.Di sisi lain, C ++ adalah bahasa yang kuat berdasarkan C, yang telah menambahkan fitur berorientasi objek seperti kelas bahasa, bersama dengan fungsi virtual dan template. C ++ adalah satu lagi dari bahasa pemrograman yang paling populer di dunia dan dirancang untuk perangkat lunak sistem pemrograman. Hal ini masih banyak digunakan untuk membangun game / mesin permainan, aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan aplikasi web. C ++ begitu kuat dan cepat, yang telah digunakan untuk membangun perangkat lunak seperti Adobe Systems, Amazon, Paypal, Chrome, dan banyak lagi. Banyak seperti C, C ++ umumnya dianggap sulit bagi pemula untuk belajar sendiri. Jadi, jika Anda memutuskan untuk belajar C ++ sebagai bahasa pertama Anda, jangan ragu untuk mencari mentor melalui Meetups atau menemukan C ++ Codementor.


EmoticonEmoticon