Friday, November 25, 2016

Pengertian dan Ulasan Lengkap ROOT di ANDROID

Ada kalanya sebuah smartphone terbatas dalam melakukan sesuatu sob, saya ambil contohnya mengupgrade OS.

Dalam mengupgrade sebuah os, biasanya android di beri batasan contohnya Samsung Galaxy Grand 2 hanya mampu mengupgrade sampai 4.4.2 (Kitkat).

Dari contoh di atas dapat di artikan bahwa smartphone yang dalam keadaan normal telah di beri batasan atau di batasi.

Namun semakin berkembangnya zaman, pengetahuan tentang teknologi khususnya gadget semakin berkembang, sehingga banyak orang yang ingin mencoba membuka seluruh aksesibilitas yang ada di android.

Nah kalo sekarang, hal tersebut lebih dikenal dengan sebutan rooting atau root android sob. 

"lalu arti dari root android sendiri itu apaan ya gan ?"

"Rooting is the process of allowing users of smartphones, tablets and other devices running the Android mobile operating system to attain privileged control (known as root access) over various Android's subsystems". By Wikipedia (Android Os)

Apa itu Root
(By Google)

"Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi mobile Android untuk mencapai kontrol istimewa atau spesial (dikenal sebagai akses root) atas berbagai subsistem di Android.".

Nah, dari pengertian di atas ternyata root itu bisa juga buat tablet dan perangkat lain sob, jadi bukan hanya untuk smartphone saja yaaa.

Dan juga sob, setelah saya telusuri ternyata rooting atau root android itu memiliki banyak sekali sisi positifnya sob, ketimbang sisi negatif, nah berikut beberapa sisi negatif dan positifnya.

A. Sisi Positif
  • Mampu mengakses seluruh data smartphone
  • Menghemat baterai 65% lebih baik
  • Mampu memasang tweak
  • Mampu menginstall CWM Dan TWRP
  • Mampu menginstall Custom ROM, contohnya CyanogenMod
  • Mampu mengupgrade os
B. Negatif
  • Garansi Smartphone hilang :(
  • Lebih mudah terkena bootlop :( 
  • Smartphone lebih cepat panas (Hanya beberapa) >_<
Nah, gimana sob tertarik untuk melakukan root ?, eiiittsss tapi ada hal penting yang ingin saya sampaikan sebelum sobat melakukan root.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang ingin saya sampaikan kepada sobat

1. Hal Panting Pertama

Dalam melakukan root pastikan smartphone sobat sudah memiliki akses untuk root, jangan asal sembarangan root nanti salah-salah smartphone terkena error atau lebih buruknya lagi terjadi bootloop .

Dan juga kalau bisa masa gransi smartphone sobat juga telah habis, tapi untuk melakukan root itu terserah sobat yaa >_<.

2. Hal Penting Kedua

Dalam menggunakan aplikasi instant root seperti Framaroot, pastikan smartphone sobat ada pada list smartphone yang dapat di root. Jika tidak ada, lebih baik tidak usah menggunakan aplikasi tersebut. lebih baik menggunakan ODIN.

3 Hal Penting Ketiga

Dalam melakukan root, perhatikan langkah langkahnya, biasanya hanya ada satu web yang menyediakan tutorial root paling mantap, yaitu XDA - Developer (Web Berbahasa Inggris, jadi harap hati-hati dalam membaca tutorial atau langkahnya)

4. Hal Penting Ke Empat

Apabila sudah yakin untuk melakukan root, maka backup seluruh data sobat, setelah itu sobat dapat membackup data sobat di Dropbox atau Google Drive.

5. Hal Penting Terakhir

Setelah berhasil melakukan rooting, sobat harus lebih Hati-Hati dalam menginstall aplikasi, khususnya tweak, karena sobat telah membuka seluruh aksesibilitas, jadi smartphone gampang terkena bootlop kalau sobat tidak berhati hati. dan jangan lupa untuk merestore seluruh data yang sudah sobat backup tadi.

Serta saya memiliki beberapa saran apabila sobat ingin menginstall sesuatu, dan saran tersebut adalah:
  1. Compatible Device (Smartphone yang Cocok)
  2. Based ROM yang cocok
  3. Compatible System (Sistem yang Cocok)
  4. Compatible OS
Oh iya sob, sebelum saya akhiri ada satu hal sangat penting dalam melakukan rooting ini, yaitu

Ap itu Root
(By Google)

!!!!! PLEASE DO IT WITH YOUR OWN RISK !!!!!
Saya tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan.

Demikian artikel kali ini, semoga apa yang saya share hari ini dapat bermanfaat untuk sobat, dan jangan lupa untuk membaca artikel keren dan menarik lainnya mengenai android tentunya hanya di Android.


EmoticonEmoticon