Friday, November 11, 2016

Jadilah Komentator yang Baik


cara berkomentar di blog yang baik
Berkomentar adalah salah satu sarana efektif untuk mengungkapkan respon atas sebuah informasi. Komentar bisa berupa pertanyaan, pujian, tanggapan kritikan atau bahkan ikut meralat informasi tersebut.

Dalam dunia blogging, ada istilah yang namanya blogwalking. Istilah ini diambil untuk disematkan bagi admin blog yang ikut mengunjungi blog lainnya dan ikut berkomentar di dalamnya. Biasanya mereka mencari blog dengan page rank tinggi guna mendapatkan link balik, atau backlink dari blog tersebut. Aktifitas ini tidak ada salahnya, sebab selain ikut meramaikan diskusi dalam blog tersebut, juga menjadi sarana silaturahmi sesama blogger.


Namun perlu diperhatikan, mengenai beberapa hal agar komentar tersebut berdampak baik bagi diri sendiri, admin blog yang bersangkutan dan komentator lainnya. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ulasannya.

Cara berkomentar yang baik

Komentar bukan sekedar menanam link

Secara umum, saya lebih sering melihat mayoritas blogger membuat komentar dengan memaksakan dirinya untuk membuat link di dalamnya. Bukan tentang konteks komentar yang baik. Bahasa yang digunakan pun hampir seragam, seperti 'Terima kasih infonya' atau "Nice info' atau 'Inilah cara yang aku cari-cari' atau 'Kunbal ya ke blog ku' dan sebagainya.

Bagi seorang admin, jika jumlah komentar di dalam blognya sedikit dan memiliki waktu luang, komentar tersebut masih bisa direspon balik. Namun jika yang berkomentar banyak, saya yakin, admin tersebut lebih mementingkan komentar yang berisi tinjauan, ralat, atau pertanyaan. Selain itu, dampak penanaman link yang tidak tepat justru akan membuahkan skema pinalty google, sebab dianggap sebagai spam.

Menjadi komentator awal

Komentar pertama biasanya akan memberikan kesan yang baik bagia admin blog. Admin akan mudah tergoda untuk melihat dan meresponnya. Jadi usahakan untuk membuat komentar paling awal sebelum yang lain. Atau setidaknya menjadi lima teratas yang sudah meninggalkan komentar.

Rutin berkomentar

Tidak ada salahnya membuat jadwal tertentu guna jalan-jalan ke blog lainnya yang seniche. Lalu memberikan komentar di dalamnya. Aktifitas ini bisa pula mendatangkan ide-ide baru guna dituangkan ke dalam blog.


Baca dulu, baru komentar

Agar memahami isi yang disampaikan dalam postingan blog, diusahakan terlebih dahulu membaca secara tuntas. Lalu, jika ada yang perlu direspon, silakan membuat komentar. Hindari kebiasaan hanya membaca judul postingan tanpa membaca keseluruhan, lalu menulis komentar. Bisa-bisa komentarnya tidak nyambung dengan isi artikel.

Berkomentar pada blog yang relevan

Idealnya adalah membuat komentar di blog yang berpage rank tinggi dan seniche dengan blog kita. Namun, hal seperti itu tidak menunjukkan sebagai komentator yang adil. Blog dengan niche yang sama meski page rank rendah justru akan mengangkat blog kita. Admin tersebut akan tersanjung, untuk kemudian tidak sungkan-sungkan mengakses blog milik kita. Apalagi admin blogger pemula yang mudah berterima kasih bila postingannya dikomentari.


Membaca komentar yang lain

Ada baiknya juga membaca semua komentar yang ada. Sambil menyimak, kemana arah arah pembicaraan tiap komentar tersebut. Ini berguna untuk mengantisipasi berulangnya komentar yang sama dengan komentar yang telah ada sebelumnya.

Membalas komentar

Jika menemui komentar yang berisi ralat atau pertanyaan yang belum mendapat respon dari admin, ada baiknya ikut merespon terlebih dahulu. Saya yakin, aktifitas ini tidak akan mengganggu admin sedikit pun. Justru dia akan berterima kasih karena kolom komentarnya bisa menjadi ajang diskusi.


Membangun network

Tidak ada bisnis yang berkembang baik tanpa ada jaringan yang kuat dan terencana dalam jangka panjang. Ini berlaku pula bagi blogger. Hubungan dan jaringan yang baik akan menguntungkan satu sama lainnya. Apalagi ikut mendapat kesempatan masuk dalam jaringan blogger profesional. Dan berkomentar adalah sarana yang baik guna membangun jaringan tersebut.

Be different

Hindari komentar yang sama dengan yang lain. Buat tulisan yang berbeda dengan komentator lainnya. Lebih baik lagi jika isinya panjang dan memuat ulasan tambahan. Pasti akan membuat admin dan komentator lainnya ingin mengetahui siapa yang ada di balik komentar itu.

Sebisanya memuat nama dan foto asli

Identitas paling ideal adalah nama asli dengan image yang asli juga. Selain menunjukkan keperayaan diri, hal itu akan memudahkan siapa saja yang ingin menjalin hubungan dengan kita. Meski tidak sepenuhnya benar, namun paling tidak identitas diri asli memudahkan siapapun untuk mengenali diri kita.

Ajukan pertanyaan

Penelitian menyebutkan, bahwa komentar yang berisi pertanyaan lebih mudah untuk direspon daripada isi komentar yang lain. Hal ini kemungkinan disebabkan karena admin ingin menunjukkan kewibawaan dirinya sebagai penyampai utama informasi tersebut. Maka buatlah komentar berisi pertanyaan agar mudah direspon.

Gunakan achor text seperlunya

Anchor text memang salah satu senjata efektif guna menanam link ke dalam komentar dengan tanpa memperlihatkan link aslinya. Namun jika terlalu sering dan cenderung dipaksakan serta tidak relevan dengan tema postingan, akan mudah dianggap spam oleh google. Sebuah kerugian yang pantas dihindari.

Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan agar menjadi komentator yang baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon