Friday, November 11, 2016

8 Tips Mendapatkan Kepercayaan dari Pembaca


8 Tips Mendapatkan Kepercayaan dari Pembaca
Membaca judul tersebut, berarti apakah benar ada blog yang tidak mendapatkan kepercayaan dari pembacanya? Dalam situasi lain, blog kita sudah berhasil nangkring di halaman pertama pencarian google. Namun kok sepi pengunjung? Page views juga tidak bertambah? Justru bounce rate tambah gemuk.

Adakah yang salah? Padahal dari sisi konten sudah bagus dan original. Template juga simple dan enak dilihat. Halaman blog juga tidak terlalu banyak iklan. Mudah-mudahan situasi seperti ini tidak terjadi pada blog sahabat. Dan salah satu jawaban dari problematika di atas adalah kurangnya kepercayaan pembaca blog itu sendiri. Terutama kepada penulisnya. Maka, bagaimana agar blog kita mendapatkan kepercayaan dari pembaca? Mari kita simak kiat-kiatnya berikut ini.

Tips mendapatkan kepercayaan dari pembaca

1. Kenalkan diri

Platform blogger telah menyediakan widget khusus untuk memperkenalkan admin atau pengelola blog. Diantaranya melalui widget Profile. Maka, agar pembaca makin percaya, gunakan sebaik mungkin widget ini untuk memperkenalkan diri. Meski sekilas, penting bagi pembaca untuk tahu siapa yang ada di balik blog ini.

2. Akun media sosial

Akun facebook, twitter, google plus atau yang lainnya bisa digunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan pembaca. Mereka jadi tahu aktivitas sekaligus karakter seseorang lewat akun media sosial miliknya melalui status dan foto yang dipajang di akun tersebut. Dengan menyematkan akun profile media sosial di blog, akan mempermudah pembaca untuk menjalin komunikasi dengan admin blog.

3. Menjawab komentar

Salah satu senjata ampuh untuk menjalin hubungan yang baik adalah melalui jawaban setiap respon yang ditulis dalam komentar. Entah respon tersebut hanya pujian saja. Apalagi respon yang berupa pertanyaan. Melalui jawaban yang diberikan, menunjukkan bahwa admin menaruh simpati atas aktifitas para pembacanya. Sehingga akan memupuk jaringan komunikasi yang baik dan menambah kredibilitas admin blog di depan pembacanya.

4. Buat blog pribadi

Blog yang berisi tentang diri sendiri adalah cara paten untuk memberikan kepercayaan pada pembaca. Pembaca tidak perlu lagi mencari referensi tentang penulis, karena semua telah tertulis dalam blog. Bisa pula tidak harus membuat blog pribadi, tetapi membuat halaman khusus sebagai ruang untuk memperkenalkan diri lebih jauh. Misalkan pada menu halaman About Us.

5. Kontak yang valid

Blog yang menyediakan halaman atau menu khusus yang berisi kontak akan mudah mendapatkan kepercayaan. Syaratnya hanya satu, bahwa surel atau nomor kontak yang tertulis adalah valid dan mudah dihubungi. Jika memang tidak bisa menjawab setiap pesan masuk dari pembaca, sertakan notifikasi tambahan agar pembaca memahami sepenuhnya bahwa pesan tersebut tetap terjawab meski dalam jangka waktu di atas 1x24 jam. Atau dengan kalimat lain.

6. Jasa konsultasi gratis

Blog adalah salah satu media yang baik untuk membagikan ilmu, kreatifitas, pengalaman, sukses, bisnis dan sebagainya. Maka, gunakan sebaik mungkin sarana ini untuk membuka layanan konsultasi gratis kepada semua pembaca. Baik melalui kolom komentar, pesan langsung melalui form kontak atau bahkan langsung melalui kontak ponsel. Sangat memungkinkan untuk dilakukan bagi blog yang telah memiliki CS khusus untuk menangani layanan ini.

7. Promo terjadwal

Sisihkan dana hasil dari mengelola blog untuk diberikan kepada para pembaca yang rajin mengunjungi blog kita. Buat daftar mereka melalui jumlah komentar yang masuk. Lalu berikan semacam gift bulanan atau menyesuaikan event khusus, misal Lebaran, Tahun Baru dan sebagainya. Bisa pula dilakukan perbulan sekali. Gift bisa berupa kado, voucher, diskon, tiket bioskop atau konser, dan lain-lain.

8. Menghadiri acara komunitas

Jika blog kita bersesuaian dengan komunitas tertentu, misal otomotif, fashion, mancing mania, travelling, hiking dan sebagainya, maka tidak ada salahnya untuk sesekali berkumpul dengan mereka dan ikut menjadi anggota member. Selain bisa mengikuti acaranya, juga sebagai sarana untuk memperkenalkan diri dan blog yang kita kelola.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan. Tips-tips di atas tentu terasa masih kurang jika tidak mendapatkan respon dari para sahabat. Sebab saya yakin, sahabat juga memiliki tips-tips lain tentang tema ini.


EmoticonEmoticon