Monday, October 31, 2016

7 Alasan Mengapa Google Adsense Layak Ditinggalkan


Tidak dapat dipungkiri, google adsense adalah jaringan periklanan global online yang terpopuler. Dan merupakan salah satu cara terbaik guna menghasilkan uang dari blog.

Pahit dan manis mengisi histori pengalaman dari para blogger. Ada yang mampu meraup sukses dengan gelontoran uang dollar tiap bulannya dari program adsense ini. Namun tidak sedikit pula harus terseok-seok tanpa pasti kapan bisa ikut menampilkan iklan adsense di blognya dan meniti karier kaya darinya.

Saya harus ucapkan selamat bagi blogger yang telah sukses melalui adsense ini. Dan saya harap postingan ini tidak mengendurkan semangat bagi blogger yang masih gagal mengikuti program adsense dari google ini. Lalu mengapa postingan ini dibuat? Karena memang google adsense sangat menyebalkan sekali. Ingin tahu apa saja yang membuatnya begitu menyebalkan dan layak ditinggalkan? Silakan simak ulasan berikut.

Alasan meninggalkan google adsense

1. Trafik menurun

Ketika pengunjung mengklik iklan, bisa dipastikan mereka akan langsung meninggalkan blog. Sebab mayoritas iklan adsense tidak terbuka dalam tab baru. Saya bisa katakan, bahwa memelihara pengunjung untuk menerima informasi dan ilmu dari kita lebih penting dari pada hanya sekedar beberapa sen dollar saja. Dalam tataran lebih besar, seperti pada situs perusahaan atau organisasi, tentu akan disayangkan apabila pengunjung harus beralih darinya dan melupakan produk, jasa dan niaga bisnis di dalamnya. Pemasaran tetap jalan, namun penjualan menurun bahkan hingga kehilangan pelanggan. Dan efek lainnya akibat menurunnya trafik pengunjung karena iklan adsense ini.

2. Sulit mendapatkan persetujuan

Google adsense hari demi hari makin ketat proses approve-nya. Mereka tidak mudah menyetujui blog apapun meski telah berumur 6 bulan atau setahun lebih. Tidak pula blog dengan jumlah postingan hingga ratusan. Bahkan situs TLD pun tidak mudah mendapatkan persetujuannya.

Saya katakan, ada banyak hal yang bisa dikerjakan selain hanya menunggu atau memikirkan bagaimana blog disetujui oleh adsense. Seperti membuat postingan baru, membuat blog lain, membaca komentar dan membalasanya, dan membuat kedekatan yang baik dengan pembaca dan dengan blogger lain. Bukankah hal-hal ini lebih banyak kebaikannya.

3. Kebanyakan aturan

Aturan dibuat memang untuk diikuti, namun kebanyakan aturan justru akan membuat ruang gerak makin sempit. TOS google adsense terlalu banyak. Bahkan ada pengalaman dari teman-teman blogger harus rela kehilangan akun adsense-nya hanya gara-gara melanggar aturan-aturan itu. Padahal hampir setengah mati membuat akun adsense tersebut.

Lebih keras lagi, pelanggaran taraf tertentu bisa mengakibatkan tidak bisanya membuat akun adsense selamanya.

4. Respon email sangat lambat

Saya yakin, dari sekian banyak teman-teman blogger yang pernah sukses dari adsense ini pernah merasakan dukungan email google adsense yang sangat lambat sekali. Sepertinya mereka tidak pernah merasa ditunggu. Padahal, dag dig dug jantung kerap mengisi harapan mendapatkan persetujuan dan layanan lainnya. Seperti saat withdraw money. Bagi blogger yang berakarakter tak mau menunggu, jangan sekali-kali ikut program ini. Pasti akan sangat menyebalkan bagi mereka.

5. Layanan satu akun palsu

Silakan sahabat membuat akun adsense dari youtube. Lalu kemudian, pasang iklannya di blog. Saya pastikan iklan tersebut tidak bisa tampil. Sebagian besar blogger pernah merasakan pengalaman ini. Pertanyaannya adalah, bukankah youtube adalah salah satu produk turunan dari google? Lalu mengapa tidak bisa mengaitkan antara salah satu fiturnya ke dalam produk pada jaringan yang sama?

6. Fee perklik rendah

Jika mayoritas visitor blog bukan dari Amerika dan Eropa, maka dipastikan harga tiap klik akan sangat rendah. Maka, blog yang berbahasa Indonesia akan sulit bersaing untuk mendapatkan harga klik yang tinggi. Lupakan untuk menjadi kaya dalam sekejap bila tetap memakai sistem ini. Ada banyak perusahaan lain yang berani membayar tinggi bagi blog yang memiliki alexa rendah dan bervisitor banyak. Seperti blog ini. Ada beberapa bisnis dan online shop yang ingin ikut menampilkan iklannya di sini. Namun tetap saya tahan, karena kebanyakan pengunjung di blog ini adalah sesama blogger dan webmaster. Mereka lebih intens ke SEO blog, dan lebih paham bagaimana menghindari iklan.

7. Proses pembayaran lambat

Jika ingin menerima penghasilan, harus melewati serangkaian proses lagi. Verifikasi akun pun harus minimal mendapatkan 10$. Lalu menyertakan alamat lengkap guna mendapatkan PIN. Jangka waktu menerima PIN pun ternyata berubah-ubah. Dalam notifikasi ditulis 2-3 minggu. Namun ternyata surat PIN datang 2-3 bulan berikutnya.

Kemudian, payout mimimum harus sebenar 100$. Bagi blog yang sepi pengunjung, jumlah ini tidak mudah didapatkan dalam waktu 1 bulan. Setelah berhasil menjangkau payout minimum pun masih harus menunggu cek tiba di depan rumah.

Bagaimana menurut sahabat?

Sekelumit ulasan di atas, menurut saya, google adsense layak untuk ditinggalkan. Dan saya yakin, argumentasi ini ada yang tidak bersesuaian dengan blogger lain. Atau bahkan sahabat pun demikian.
 
Jadi, saya akan senang mendengar pendapat sahabat tentang argumentasi mengenai adsense ini.


EmoticonEmoticon