Sekali Lagi Soal Page Rank, Inilah Edisi Lengkap Trik Menaikkan Page Rank 100% Work

Page rank atau lebih mudahnya diartikan sebagai peringkat halaman merupakan salah satu istilah terpopuler dalam dunia online beberapa tahun belakangan ini. Hal ini disebabkan karena analisa algoritma yang dihasilkannya memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kemajuan sebuah situs di mata search engine.

trik lengkap menaikkan pagerank
Meski demikian, sempat pula muncul keraguan akan dampak positif sistem peringkat dari google ini. Karena terhitung sejak Desember 2014 yang lalu hingga kini telah memasuki tahun 2016, belum ada tanda-tanda lagi adanya update atau pembaruan page rank ini. Sehingga mengakibatkan munculnya pro dan kontra dalam meresponnya. Ada yang menganggap page rank telah mati, lenyap, hilang, punah dan semacamnya. Namun tidak sedikit pula menyatakan bahwa page rank ini masih tetap ada dan pengaruhnya tetap berlaku meski tidak ditampakkan secara fisik oleh pihak google.

Saya cenderung sependapat dengan argumen yang kedua. Bahwa ada kemungkinan google tetap mengupdate page rank, meski hingga sekarang masih terhidden. Terbukti situs dengan page rank tinggi masih menduduki posisi dominan dalam hasil pencarian. Tidak itu saja, backlink dari situs berpage rank bagus masih banyak yang mencarinya untuk menambah kekuatan situs miliknya.

Maka dari itu, kesimpulan yang bisa diambil, bahwa page rank masih tetap eksis dengan pengaruh besar yang dihasilkannya. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, saya mencoba untuk berbagi informasi tentang tips, trik, cara ataupun strategi ampuh guna menaikkan page rank ini. Mau tahu apa saja triknya? Silakan lanjutkan bahasannya hingga selesai.

15 Trik menaikkan page rank

1. Konten original

Syarat pertama yang harus disiapkan adalah memiliki konten yang asli, alias original. Bukan hasil menyalin, copy paste atau trik plagiarisme lainnya. Sebab google sangat menyukai konten yang original. Untuk mengetahui konten yang telah dibuat original ataukah tidak, silakan cek melalui tools dari copyscape atau smallseotools. Jika lolos atau memiliki skor 100%, artinya konten telah memenuhi syarat untuk dipublikasikan.


2. Konten berkualitas

Bukan hanya original, konten yang dibuat haruslah berkualitas. Memenuhi kaidah penyampaian informasi yang baik. Menggunakan struktur dan tata bahasa readable atau mudah dipahami. Jaminan page rank akan mudah naik jika konten yang dimiliki berkualitas dan memberikan informasi lengkap dan bermanfaat.


3. Konten terupdate

Selain original dan berkualitas, kehadiran konten yang senantiasa terus terupdate akan mempermudah mesin google untuk merayapinya. Pada prinsipnya, google sangat merespon konten segar dan fresh yang terus terbarui.

4. Submit webmaster tools

Setiap konten yang dibuat, lalu dipublikasikan, sebaiknya segera disubmit ke dalam webmaster tools agar mudah diindeks oleh search engine. Terdapat beberapa webmaster tools yang bisa digunakan, yakni webmaster tools dari google, bing, yahoo dan yandex. Pastikan semua konten telah tersubmite melalui sitemap situs.

5. Submit social bookmarking

Gunakan website social bookmarking untuk menambah kekuatan backlink ke dalam situs. Selain itu, peluang untuk mendapatkan visitor juga bertambah besar. Dan contoh social bookmarking yang bisa digunakan adalah seperti google bookmark, reddit, dmoz dan lain-lain.

6. Submit web directory

Tidak lupa pula untuk mendaftarkan URL situs dan submit artikel ke dalam web directory. Dengan submit di dalamnya, tentu akan mempermudah untuk mendapatkan backlink berkualitas. Karena biasanya situs web directory telah memiliki page rank yang tinggi. Selain itu, kesempatan mendapatan visitor pun akan makin tinggi, sebab biasanya situs web directory memiliki member keanggotaan yang banyak dari seluruh dunia.

7. Link exchange

Link exchange atau program pertukaran link juga memberikan dampak yang baik untuk menaikkan posisi situs dalam search engine. Paling tidak, melakukan tukar link dengan situs yang memiliki page rank tinggi akan mendapatkan backlink darinya.

8. Blogwalking

Jangan sungkan dan ragu untuk ikut memberikan komentar pada blog lain. Selain menjadi sarana efektif untuk menyisipkan link, blogwalking juga menjadi magnet tersendiri guna mendapatkan trafik visitor dari blog yang dikomentari. Untuk itu, pastikan hanya memberikan konten yang baik dalam komentar.

9. Guest posting

Metode lain untuk menaikkan page rank adalah ikut menjadi tamu blogging bagi blog yang lain. Terutama blog atau situs yang telah memiliki page rank tinggi dengan jumlah visitor maupun subscriber yang banyak. Jika tulisan yang dibuat berkualitas, maka bakal mudah mendapatkan dua-tiga backlink darinya. Juga jumlah visitor yang makin banyak.

10. Forum blog

Mulai sekarang, manfaatkan forum-forum yang berisi seputar dunia online maupun blogging untuk mempromosikan situs milik kita. Dengan cara ikut menjadi anggota membernya. Lalu aktif membuat thread maupun komentar atas postingan member yang lain. Makin aktif dan sering memberikan informasi yang baik dan berkualitas, secara tidak langsung akan menaikkan atensi member lain untuk mengakses situs milik kita.

11. Keyword umum

Pakailah kata kunci atau keyword yang sifatnya umum untuk menjaring banyak pengunjung. Sebab pada kenyataannya calon visitor menuliskan kata umum dalam mesin pencari, bukan kata-kata khusus yang panjang. Sehingga peluang untuk muncul dalam hasil pencarian makin tinggi.

12. Tetap terakses

Pastikan situs tetap bisa diakses, jangan sampai down. Sehingga tidak memberikan anggapan buruk bagi para pengunjung yang kecewa karena gagal membuka atau mengakses situs kita. Sesuaikan jadwal domain dan hosting yang digunakan, jangan sampai terlewat masa aktifnya.

13. Pasang iklan

Gunakan fasilitas slot yang biasanya disediakan oleh pemilik situs untuk memasang iklan yang mengarah ke situs milik kita. Dengan cara ini, backlink akan mudah didapatkan. Apalagi situs yang digunakan telah populer dan berperingkat bagus. Memang dibutuhkan dana untuk menggunakannya. Namun hasil yang signifikan akan mampu menutupi biaya yang telah dikeluarkan.


14. Paraf online

Apa paraf online itu? Paraf atau tsahabat tangan online adalah istilah untuk menyematkan teks, link, multimedia dan lain-lain di dalam message. Contohnya, paraf online dalam email, thread forum diskusi dan sebagainya. Setiap kita melakukan interaksi, baik berkomentar, kirim pesan maupun membuat status, paraf ini akan langsung muncul. Dan paraf ini bisa disisipkan link untuk promosi dan mendapatkan backlink.

15. Dummy blog

Dummy atau blog pendukung juga bisa diterapkan untuk menaikkan posisi peringkat situs dalam hasil pencarian. Caranya adalah dengan menaruh link di dalam blog dummy tersebut yang tertarget pada situs utama. Sehingga google akan menganggap, bahwa situs tersebut memiliki pengaruh besar.

Perhatian khusus : Hindari praktek illegal

Apapun hasilnya, jika dilakukan dengan cara-cara yang tidak benar, maka hasilnya akan cepat musnah. Demikian pula saat mengoptimasi situs. Sebab google, makin hari makin cerdas dengan berbagai algoritma yang senantiasa terus diperbarui. Lakukan secara natural. Perlahan tapi pasti. Meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun hasilnya akan lebih baik dan mampu bertahan lama. 


Kesimpulan
Sebenarnya menaikkan page rank situs atau blog bukanlah pekerjaan yang sulit. Sebab semua fasilitas telah tersedia. Tinggal bagaimana kita mau untuk melakukannya. Tiap aksi akan menimbulkan akibat. Aksi yang baik, hasilnya tentu akan baik. Sebaliknya, aksi yang buruk, maka hasilnya tentu juga buruk, bahkan bisa lebih jelek dari yang diperkirakan.

Demikian panduan lengkap trik menaikkan page rank yang bisa saya sampaikan. Semoga memberikan manfaat bagi kita. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser