Sunday, October 30, 2016

Jangan Lupa Submit Sitemap Blogmu ke Yandex Webmaster

Yandex, seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya merupakan salah satu search engine yang kini telah banyak dilirik oleh para webmaster untuk meningkatkan optimasi blog ataupun situs miliknya.

cara submit sitemap di yandex webmaster
Meski tidak sepopuler google, bing maupun yahoo, namun belakangan ini search engine dari Rusia ini mulai menunjukkan tajinya sebagai salah satu mesin pencari yang besar. Maka wajar jika kemudian tools webmaster yang ditawarkannya menjadi buruan para blogger. Termasuk saya dan para sahabat blogger semua tentunya.

Maka tidak ada salahnya untuk mencoba ikut menaikkan optimasi blog melalui yandex webmaster ini. Apalagi statusnya adalah free, tanpa dipungut biaya sedikit pun. Akan tetapi dampak yang dihasilkan, sungguh lebih dari kata lumayan.

Baiklah, mari kita belajar bersama bagaimana submit sitemap ke yandex webmaster ini. Sebelumnya, silakan kembali menyimak artikel Cara Submit atau Mendaftar Blog di Yandex Webmaster untuk melengkapi pembahasan tutorial kali ini. Sebab artikel ini dibuat untuk melengkapi artikel sebelumnya tentang webmaster tools dari negeri Kremlin ini.


Cara submit sitemap ke yandex webmaster

1. Buat sitemap blog terlebih dahulu. Silakan sahabat masuk ke xml-sitemap.com
2. Buat sitemap blog di sana dengan cara memasukkan URL Blog ke area yang telah tersedia. Lalu klik Start.
3. Kemudian setelah pembuatan sitemap selesai, siapkan URL sitemap blog sebagai persiapan untuk submit ke yandex webmaster. Biasanya berekstensi sitemap.xml. Lalu menuju ke Yandex webmaster.
5. Pada tahap ini, saya anggap sahabat telah berhasil mensubmit blog ke webmaster yandex ini serta sudah terverifikasi. Sehingga tinggal melanjutkan saja proses submit sitemap.
6. Menuju ke sub menu Index Options, lalu klik Sitemap files. Masukkan file sitemap di kotak yang tersedia.
7. Lalu klik Check.

Selesai. Kini blog sahabat telah siap untuk dirayapi mesin robot dari yandex ini untuk kemudian lebih mempertegas optimasi blog yang lebih baik
 
Demikian cara submit sitemap blog ke yandex webmaster ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin ditambahkan, masukkan ke dalam komentar yang ada.


EmoticonEmoticon