Pengertian Custom Recovery di Ponsel Android

Pengertian Custom Recovery di Ponsel Android - Hallo sob, melakukan backup merupakan hal penting yang perlu sobat lakukan, supaya ketika ada kerusakan di ponsel sobat dan ternyata datanya hilang, maka sobat tinggal merestorenya saja.

Dan tidak hanya itu, terkadang saat sobat sering merasakan ponsel mengalami lagging, itu mukin karena adanya chache yang menumpuk di dalam memory sobat, maka cache tersebut harus di hapus hingga ke akar-akarnya.

Dan untuk melakukan kedua hal di atas, membackup dan membersihkan cache bisa sobat lakukan dengan bantuan dari Custom Recovery.

Yup, custom recovery dan mungkin dari sebagian sobat masih ada merasa sidikit asing melihat nama dari "custom recovery", wajar saja karena custom recovery ini hanya berada di ponsel android yang sudah di root saja. 

Pengertian Custom Recovery di Ponsel Android

Dan pengertian Custom Recovery sendiri adalah third-party recovery environment, yaitu custom recovery yang mengganti stock recovery yang ada di ponsel android sobat, stock recovery bisa sobat temukan jika sobat sudah melakukan root. 

Selain itu custom recovery ini sangat penting untuk berada di ponsel yang sudah di root, karena :
  1. Dalam penginstalan Mod, Tweaks, maupun CM harus melalui custom recovery.
  2. Mengatasi Bootloop juga melalui custom recovery.
  3. Membersihkan Davilk Cache dan Cache juga melalui custom recovery.
  4. Membackup semua data yang ada di ponsel, juga melalui custom recovery (supaya data ke backup semua).
  5. dan masih banyak lagi
Jadi custom recover ini sangat wajib di pasang di ponsel android sobat, supaya untuk mencegah dan mengatasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Saat ini terdapat 2 Custom Recovery yang sangat populer di kalangan root user, yaitu CWM dan TWRP

1. Pengertian CWM

CWM merupakan singkatan dari Clockwork Mod, custom recovery yang satu ini sangat handal dalam melakukan instalasi atau memflashing mod, tweaks, maupun cm.

Pengertian Custom Recovery di Ponsel Android

Selain handal dalam melakukan instalasi, custom recovery yang satu ini juga mampu membackup seluruh data di ponsel sobat, serta membersihkan cache dan dalvik cache secara merata.

Selain itu CWM juga sangat ramah dengan user interface, karena menunya berbentuk Vertical List sehingga memudahkan user untuk memilih menu, dan saya jamin sobat tidak akan kesulitan memakai custom recovery yang satu ini.

2. Pengertian TWRP

TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project, custom recovery yang satu ini tidak kalah handal dengan CWM, karena hampir memiliki fitur yang sama persis dan sama bagusnya.

Pengertian Custom Recovery di Ponsel Android

Tapi keunggulan custom recovery yang satu ini adalah selalu di update, berbeda dengan cwm, kalau cwm sudah out of update, dan cwm terakhir update di versi 6.0.4.8 kalau tidak salah.

Oh iya sob, kalau saya sendiri dalam menggunakan custom recovery jujur saya menggunakan CWM, karena menurut saya tidak terlalu ribet penggunaannya, tapi pilihan tetap ada di tangan sobat ya dan jangan dengerin kata orang, dengerin kata hati aja. 

Dan untuk melakukan penginstalan custom recovery, sobat dapat mencari tutorialnya di XDA-DEVELOPERS, karena disana banyak sekali tutorial tentang pemasangan custom recovery, selain itu custom recovery hanya dapat berjalan di ponsel yang cocok saja.

Baca Juga : Pengertian dan Ulasan Lengkap ROOT di ANDROID

Demikian artikel hari ini, saya harap custom recovery di atas sangat membantu sobat ya, sekian dan terimakasih


Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser