Friday, November 11, 2016

DASAR JAVA NETBEANS - BELAJAR PEMROGRAMAN JAVA UNTUK PEMULA


Berbicara mengenai Java, kita sebenarnya membicarakan tentang dua hal yang saling berkaitan. Yang pertama adalah Java sebagai bahasa pemrograman dan Java sebagai platform pengembangan aplikasi. Di bab Java ini kita akan belajar mengenai Java sebagai bahasa pemrograman, kita akan belajar bagaimana menulis kode Java dengan benar tanpa ada kesalahan sintaks, dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk belajar pemrograman java untuk pemula.
Bahasa pemrograman Java pada awalnya dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995 sebagai bagian dari Sun Microsystem Java Platform. Sintaks Java banyak diturunkan dari C dan C++ tetapi lebih sederhana, ketat dan mempunyai akses ke OS yang lebih terbatas. Hal ini karena Java ditujukan sebagai bahasa pemrograman yang cukup sederhana untuk dipelajari dan mudah dibaca. Ok kita “To The Point” saja, karna disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang java, karna akan membuat para pembaca akan menjadi bosan. Oleh karena itu kita langsung saja ke pokok permasalahan tentang DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA. Untuk pembaca yang ingin mengetahui tentang java secara detail, pembaca dapat mencarinya di mbah GOOGLE. Karna di situ akan pembaca temukan banyak tenjang pemrograman java secara detail. Heehehehe........... 
Ok, untuk belajar Pemrograman Java, kita diwajibkan untuk mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk belajar pemrograman java. Disini penulis menggunakan OS(Operating System) Windows.
Yang dibutuhkan adalah :
1. Install JDK (Java Development Kit)
2. Install Netbeans IDE
Catatan :
Untuk menginstal kedua aplikasi tersebut, pembaca harus menginstall JDK terlebih dahulu, kalau tidak, pembaca tidak akan bisa menginstall Netbeans IDE. Setelah menginstall JDK, baru pembaca menginstall Netbeans IDE. Untuk menginstall Netbeans IDE, sesuaikan menginstall versi Netbeans IDE sesuai dengan versi JDK yang pembaca install tadi.

A. Menginstall JDK(Java Development kit)
1.  Pertama Silahkan anda download sofrware JDK di http://www.oracle.com/us/downloads/
2. Setelah Anda selesai men-download JDK(Java Development Kit), silahkan anda instal JDK tersebut seperti biaya
3.  Kemudian klik “Accept”, maka akan tampil seperti pada gambar berikut :
4.  Setelah itu, klik Next >> dan Next hingga tampil tombol finish, dan klik tombol
finis tersebut.
B. Instalasi NetBeans
1.  Download Software Netbeans di http://www.oracle.com/us/downloads/
Catatan : ingat, karena disini penulis menggunakan JDK 7, maka penulis jg harus menggunakan Netbeans IDE versi 7 juga. Terserah versi 7 yang pembaca akan gunakan. Bisa menggunakan versi 7.0, bisa 7.2, dan seterusnya.

2. Selanjutnya, Install Netbeans yang sudah anda download tadi dengan cara double-Click file Netbeans IDE tersebut.
3.  Tunggu configurasi sampai 100%, lalu klik next.
4.  Centang kotak disamping tulisan “I accept the terms in the….” Dan kemudian klik next.
5.  Lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya
6.  Pilih direktori dimana anda akan menginstall netbeans, lalu klik next.
7.  Pilih direktori untuk menginstal glassfish 3.1.2.2 (samakan dengan direktori sebelumnya), Lalu klik next.
8.  Klik install
9.  Tunngu sampai proses instalasi selesai, lalu klik next.
10.  Klik finish

Sekian tutorial “BELAJAR PEMROGRAMAN JAVA UNTUK PEMULA” dari saya, semoga bermanfaat, dan ma’af kalau ada kekurangan dalam penulisan ini. Untuk pertanyaan dan komentar, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom komentar, atau kunjungi dan gabung di group facebook “Programer Java dan PHP Indonesia” dengan link sebagai berikut : http://www.facebook.com/groups/502386276603543


EmoticonEmoticon