Proses Pendaftaran Google Adsense Pemula

Syarat untuk daftar menjadi publisher google adsense itu sangat mudah, syarat utamanya adalah anda harus memiliki sebuah website atau blog, baik itu blog gratisan seperti blogspot maupun website / blog self-host dengan top level domain (TLD), meskipun syaratnya mudah ternyata untuk diterima menjadi publisher google adsense itu tidak juga terlalu mudah, karena akan ada proses review atau peninjauan yang dilakukan oleh tim adsense terhadap anda sebagai pendaftar dan website / blog yang anda daftarkan sesuai kebijakan serta kriteria program google adsense.


Review tersebut tujuannya adalah untuk melakukan peninjauan lebih lanjut untuk menentukan layak tidaknya website / blog yang didaftarkan untuk dipasangi iklan google adsense, jika website / blog dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google adsense maka blog tersebut akan langsung ditolak dengan alasan yang sesuai , namun jika website / blog tersebut sesuai dengan kebijakan dan dianggap layak maka anda pemilik website / blog tersebut akan memiliki potensi diterima untuk menjadi publisher baru adsense.

Ketika anda melakukan registrasi pendaftaran google adsense dengan syarat diatas, sebelum anda diterima sepenuhnya menjadi publisher google adsense, maka tim adsense akan melakukan 2 proses review terhadap blog yang anda daftarkan, review tersebut lebih dikenal dengan proses review 1 dan proses review 2, jika kedua proses review tersebut dinyatakan lolos maka anda akan menjadi publisher google adsense.

Google Adsense



Seperti apakah Proses Review Google Adsense itu?

Langkah pertama kali sebelum ke tahap proses review adalah anda harus mengajukan pendaftaran google adsense terlebih dahulu, pendaftaran adsense bisa dilakukan melalui blog atau melalui situs resmi adsense secara langsung, namun agar lebih mudah diterima banyak yang menganjurkan daftar melalui blog platform blogspot, untuk melakukan pendaftaran melalui website / blog anda bisa baca artikel tentang cara daftar google adsense melalui  artikel yang sudah ada sebelumnya.

Jika pendaftaran anda berhasil di submit, tahap berikutnya tim google adsense akan melakukan proses review terhadap blog yang anda daftarkan, akan ada 2 kali proses review sebagai berikut:

Proses Review 1

Proses review satu adalah proses review awal yang dilakukan oleh team google adsnse terhadap blog anda bisa dengan bantuan robot secara otomatis atau mungkin juga oleh team adsense secara manual, diproses review 1 biasanya akan dilakukan identifikasi mengenai layak tidaknya blog anda untuk ikut berpartisifasi menjadi penayang iklan adsense, jika blog dianggap sesuai dengan kebijakan google adsense kemungkinan besar blog anda akan lolos review 1, jika tidak maka pendaftaran anda akan ditolak;


Beberapa penolakan sebelum review 1

Sebelum menuju proses review 1, ada kalanya penolakan ditolak dengan beberapa alasan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Konten kurang memadai
Penolakan ini biasanya disebabkan oleh visitor blog dianggap sedikit, kandungan isi setiap artikel blog terlalu sedikit, terlalu didominasi gambar atau video, jumlah artikel masih sangat sedikit.



  • Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
  • Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
  • Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.


b. Blog tidak sesuai dengan kebijakan
Jika blog anda dianggap membahas hal-hal yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense maka kemungkinan besar penolakannya adalah konten tidak sesuai dengan kebijakan.

c. Navigasi blog Sulit
Penolakan ini bisa jadi karena anda tidak menyediakan navigasi blog seperti menu, popular post, arthive blog atau widget yang dapat membantu memudahkan pengunjung menelusuri blog anda. atau mungkin saja artikel panjang yang anda sajikan tidak dilengkapi dengan judul dan sub-sub judul secara terstruktur. dll.


Ciri-ciri blog lolos review 1

Jika Pendaftaran adsense anda dinyatakan lolos review 1 beberapa cirinya adalah sebagai berikut:


  1. Biasanya anda akan menerima email yang meminta anda  untuk memasang kode unit iklan adsense   pada blog yang anda daftarkan, atau ada juga yang menerima pemberitahuan bahwa penerima pembayaran sudah diubah.
  2. Anda Sudah bisa masuk mengakses akun adsense, membuat kode unit iklan dan informasi lainnya.
  3. Anda sudah bisa memasang iklan pada halaman blog anda,  namun iklan biasanya muncul hanya sebentar atau beberap jam saja dan akhirnya menghilang dan akhirnya hanya menampilkan ruang kosong atau blank saja.

Jika review 1 lolos,  iklan harus anda pasang pada blog anda untuk menuju proses review 2.


Proses Review 2

Proses review 2 baru akan berjalan jika anda sudah dinyatakan lolos review 1 dan anda sudah sukses memasang iklan adsense pada halaman blog anda.

Ciri-ciri review 2 adalah sebagai berikut:


  1. Iklan yang anda pasang tidak akan muncul alias blank atau hanya ruang kosong saja, oleh karena itu anda jangan heran jika iklan anda belum muncul padahal iklan sudah anda pasang atau iklan hanya muncul beberapa jam saja kemudian menghilang, itu artinya pendaftaran anda masih proses review 2.
  2. Terkadang penghasilan sudah masuk, ntah dari klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog anda atau dari perseribu view anda mendapatkan penghasilan setelah 1000 x tayang.


Ciri Review 2 Lolos

Beberapa ciri bahwa review 2 lolos adalah sebagai berikut:


  1. Iklan akan muncul pada halaman blog anda.
  2. Anda akan menerima pemberitahuan melalui email bahwa pendaftaran sepenuhnya sudah diterima (full approve).
  3. Anda sudah menerima pendapatan dari adsense jika ada yang mengklik iklan adsense anda.

Terkadang di review 2 berpotensi anda ditolak ada banyak jenis penolakan yang bisa terjadi pada saat review 2 seperti penolakan-penolakan pada saat review 1, baik ditolak maupun diterima akan selalu diinformasikan oleh team google adsense melalui email. oleh karena itu jika anda baru lolos review 1 dan anda belum menerima email ditolak atau diterima itu artinya anda masih proses review 2.


Penutup

Ada banyak sekali keluhan yang dilontarkan oleh para blogger yang kebetulan sudah melakukan pendaftaran, mereka banyak berceloteh di media sosial di forum-forum online bahwa dia sudah diminta untuk memasang iklan, namun iklan hanya beberapa jam saja muncul dan akhirnya menghilang dan hanya menampilkan ruang kosong saja, sekali lagi jika itu terjadi pada anda ada kemungkinan pendaftaran google adsense anda masih proses review 2.

Google adsense akan selalu memberikan informasi via email, mengenai proses pendaftaran google adsense anda, baik itu diterima maupun ditolak jika anda belum menerima email penolakan atau email bahwa pendaftaran anda diterima sepenuhnya itu artinya anda masih proses review2.

Lamanya proses review hanya google yang bisa menentukan, namun normalnya dalam 2x 24 jam anda seharusnya sudah mendapatkan keputusan diterima atau ditolak, tergantung rezeki masing-masing.

Itulah artikel mengenal proses review google adsense bagi pemula, semoga bermanfaat untuk anda sehingga mendapatkan informasi tambahan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendaftaran google adsense.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser