Tuesday, January 17, 2017

3 Metode Pembayaran Google Adsense

Jika anda sudah menjadi seorang publisher yang mengikuti program adsense akhirnya akan bertanya tanya bagaimana cara mengambil uang atau mencairkan pendapatan dari google adsense, bahkan ada diantara mereka khususnya para pemula sepertinya masih kebingungan bagaimana seorang publisher dibayar, kemudian bagaimana kita bisa menerima pembayaran bahkan banyak diantara mereka mengira bahwa untuk mencairkan pendapatan google adsense harus memiliki ATM,
kemudian ada juga yang mengira, untuk ikut bergabung menjadi publisher google adsense harus memiliki akun paypal, saya katakan untuk menjadi publisher google adsense  atau untuk  cairkan pendapatan google adsense anda tidak perlu memiliki ATM, akun paypal dan lain sebagainya, cukup datang ke bank atau kantor pos kantor yang melayani WU dengan kartu identitas seperti KTP atau SIM saja anda sudah bisa mencairkan pendapatan google adsense yang anda peroleh dengan sangat mudah.


                       WU / Western Union
Memang, untuk blogger pemula yang baru mengenal dunia adsense pertanyaan seperti ini pastinya di maklumi, bahkan saya sendiripun mengalami hal serupa di awal waktu saya mengenal dunia bisnis internet terutama untuk google adsense, saya pribadi juga sering bertanya-tanya hal yang serupa, mengenai bagaimana kita dibayar, darimana kita bisa menghasilkan uang, bagaimana cara kita mencairkan pendapatan, dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan serupa lainnya yang ada sangkut pautnya dengan google adsense, karena memang pada waktu itu saya masih awam di dunia google adsense, sampai pada akhirnya saya menemukan jawaban yang tepat mengenai cara mencairkan pendapatan google adsense.

Cara Mengambil Uang dari Google Adsense

Untuk mencairakan pendapatan google adsense yang sudah kita terima, terutama di indonesia sudah sangat dipermudah sekali, bahkan dalam 1 hari pun uang yang kita peroleh dari google adsense sudah bisa kita terima, ada 3 metode pencairan yang disediakan oleh google adsense yang bisa digunakan sebagai berikut:

1. Pencairan google adsense melalui Western Union (WU)
Metode pencairan google adsense berikutnya dalah melalui WU atau western union, pencairan dengan cara ini merupakan pencairan yang sangat cepat dan tanpa ada potongan biaya sepeserpun, bahkan 1 hari saja uang sudah bisa kita terima, apalagi saat ini banyaknya tersedia agen western union di setiap kota yang bisa sangat mempermudah ketika waktu pencairan.

Untuk menggunakan metode pencairan jenis ini, anda harus mengatur metode pencairan di akun adsense anda dengan western union, dengan memasukan biodata sesuai dengan yang tertera di kartu identitas anda, ktp atau sim, untuk mencaikan anda bisa menuju agen wu setempat seperti kantor pos dan agen wu lainnya dengan membawa fotokopi dan kode MTCN atau kode pencairan, agar anda bisa memahami metode pencairan jenis ini anda bisa mempelajari tentang cara mencairkan pendapatan google adsense melalui western union.



2. Pencairan google AdSense Melalui Transfer Rekening kawat
Salah satu metode pencairan google adsense yang bisa kita pilih adalah melalui transfer antar rekening, syaratnya anda harus memiliki rekening di bank, metode ini merupakan yang paling aman,artinya uang yang diperoleh dari pendapatan google adsense akan langsung ditransfer ke rekening bank yang kita miliki, google akan membayar dalam bentuk mata uang sesuai yang kita tentukan di akun adsense, namun uang yang masuk ke rekening tetap dalam mata uang rupiah dari konversi mata uang asing sesuai dengan nilai kurs yang berlaku, jika anda berniat menggunakan metode ini untuk mencairkan pendapatan google adsense, sebaiknya anda tanyakan ke bank yang bersangkutan, apakah bank yang bersangkutan bisa mentrasfer dari rekening luar negeri atau tidak

Untuk menggunakan metode ini anda harus mengetahui biodata bank tersebut yang meliputi kode SWIFT bank, nama bank, nama pemilik rekening dan no rekening yang akan anda gunakan untuk transfer, mengenai kode SWIFT bank anda bisa menanyakan kode tersebut secara langsung ke petugas bank yang bersangkutan, jika biodata tersebut sudah anda miliki anda bisa memilih metode transfer kawat di akun adsense milik anda menggunakan biodata tersebut.

3. Pencairan google AdSense melalui CEK
Pencairan google adsense berikutnya adalah melalui cek, pencairan jenis ini memang sudah tidak lagi digunakan di beberapa negara yang sudah mengenal Transfer dana elektronik, dan metode pencairan ini prosesnya cukup lama, cek akan di kirim melalui kantor pos dan pada umumnya cek baru bisa anda terima setelah 2-4 minggu dari tanggal setelah cek tersebut dikirim, jika dalam 60 hari cek masih juga belum bisa anda terima, anda harus mengajukan pembayaran cek kembali melalui akun adsense anda, dan jika dalam 12 bulan atau satu tahun cek yang anda terima belum juga anda cairkan, pendapatan google adsense akan ditangguhkan karena cek kadaluwarsa.
Pembayaran melalui cek akan dikirim atas nama citibank, artinya jika anda menggunakan metode ini, setidaknya anda harus menggunakan bank yang memiliki relasi dengan citibank untuk mencairkan cek anda.

Metode Mengatur Pembayaran Pada Akun Adsense

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Google Adsense sebenarnya langkahnya cukup sederhana, namun untuk beberapa blogger atau pemilik website yang baru terjun di dunia publisher google adsense mungkin akan menemui sedikit kebingungan, mungkin saja artikel ini akan sangat berguna untuk membantu anda yang kebetulan sedang mencari artikel yang membahas tentang cara menambahkan metode pembayaran google adsense di akun anda.
Metode pembayaran google adsense pada umumnya akan tersedia dan baru bisa anda setting dan diatur ketika penghasilan google adsense anda sudah mencapai minimal 10$ untuk adsense US dan untuk akun google adsense indonesia minimal senilai dengan Rp 130.000 atau senilai 10x nilai tukar rupiah terhadap dolar pada waktu itu.


Kenali Sebelumnya Metode Pembayaran Google Adsense

Untuk Akun adsense lama atau akun adsense US, metode pembayaran ada 3 macam, yaitu menggunakan transfer rekening kawat atau transfer bank, menggunakan cek dan menggunakan  western union, dan yang paling mudah adalah metode pembayaran google adsense dengan Western union, karena dengan metode ini maka kita tidak dipungut biaya dan bebas dari potongan.
1. Western Union
Pencarian dengan western union syaratnya pun sangat mudah yaitu membawa bukti pembayaran yang sudah di cetak dari akun google adsense, membawa fotocopy ktp dan ktp asli serta mengisi form pencarian, uag sudah bisa dicairkan di agen-agen western union setempat, salah satu yang recomended adalah kantor post.
2. Transfer Kawat
Yang berikutnya adalah pencarian menggunakan transfer rekening kawat, cara ini merupakan cara paling aman, namun anda biasanya akan dipungut biaya administrasi sesuai dengan yang berlaku pada bank yang anda gunakan untuk transfer. cara ini sangat di rekomendasikan jika penghasilan adsense anda cukup besar. syarat utamanya adalah memiliki rekening bank dan anda harus melakukan seting di akun adsense anda dengan memasukan kode swif bank yang bersangkutan.
3. Cek
Yang berikutnya adalah melalui Cek, cek kabarnya hanya berlaku untuk publisher yang berdomisili di amerika dan sekitarnya. kabarnya di indonesia juga bisa namun membutuhkan waktu yang lama untuk cek bisa sampai ke indonesia, menurut saya cara ini kurang efektif.

Bagaimana dengan Akun Adsense IDR atau Indonsia

Kabarnya saat ini diberlakukan country akun google adsense, yaitu akun google adsense berdasarkan negara, misal untuk indonesia akun adsensenya harus akun adsense indonesia untuk amerika akun adsensenya harus akun adsense amerika.

Bagaimana jika saya tinggal di indonesia tapi ingin memiliki akun adsense amerika?
Bisa saja, namun resikonya akan sulit untuk menerima pin untuk konfirmasi di akun adsensennya, kecuali anda punya saudara yang tinggal di amerika, anda tinggal setting saja penerima pin ke alamat di amerika dan ketika pin sampai anda bisa masukan pinnya.
Atau mungkin ada cara lainnya yang jelas kabarnya jika anda warga negara indonesia kemudan akun adsense yang anda ingin dapatkan adalah akun adsense amerika maka jika ketauan akan kena penalty. kecuali akun adsense yang sudah anda miliki sebelum diberlakukan kebijakan country akun adsense.


Perbedaan Akun adsense local (Indonesia) dan akun adsense US.
Yang membedakan akun adsense indonesia dengan akun adsense US adalah metode pembayaran, untuk akun adsense us metode pembayaran ada 3 seperti diatas, namun akun adsense indonesia hanya mengenal metode pembayaran melalui transfer bank atau transfer rekening kawat saja, ini baru permulaan kemungkinan besar seiring berjalannya waktu mungkin pada akhirnya akan diberlakukan juga metode pembayaran western union untuk akun adsense indonesia.

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Google Adsense 

Ingat metode pembayaran baru bisa anda atur jika pendapatan akun adsense anda ketika penghasilan google adsense anda sudah mencapai minimal 10$ untuk adsense US dan untuk akun google adsense indonesia minimal senilai dengan Rp 130.000 atau senilai 10x nilai tukar rupiah terhadap dolar pada waktu saat itu.
Jika masih dibiarkan, biasanya anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan di akun adsense anda bahwa metode pembayaran belum ditentukan,
Untuk mengatur metode pembayaran langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Login ke akun adsense anda
  2. Klik tombol roda gigi di pojok kanan atas, kemudian pilih Sub Menu Pembayaran
  3. Ditampilan berikutnya pada bilah menu sisi kiri silahkan klik menu Setelan Pembayaran
  4. Klik Tombol Tambahkan Metode Pembayaran Baru
  5. Silahkan pilih metode pembayaran yang ditawarkan kemudian tekan tombol simpan.

Anda bisa memilih Cek, Transfer kawat atau western union, contoh diatas hanya untuk akun google adsense US, mungkin di akun adsense anda akan sedikit berbeda.
Jika yang anda pilih transfer kawat maka biasanya anda akan diminta memasukan biodata anda, no rekening bank, nama anda, dan juga kode SWIFT, kode SWIFT bisa anda peroleh dengan bertanya langsung ke bank yang ingin anda gunakan untuk menerima pencairan


EmoticonEmoticon