Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Bagi seorang blogger, komputer desktop atau laptop adalah sahabat yang senantiasa menemani aktifitas blogging. Apa jadinya bila kemudian tiba-tiba laptop kita error atau mungkin laju loadingnya melambat. Pasti sangat mengganggu bukan? Rutinitas tulis-menulis postingan menjadi kacau. Dan persoalan semacam ini bisa menimpa siapa saja. Maka perlu untuk menjaga performa laptop meski sudah telah terpakai.

Trik Meningkatkan Performa Laptop

Tutorial blogging kali ini akan mengulas bagaimana agar performa laptop dan komputer milik kita tetap optimal meski sudah lama terpakai. Berikut trik yang bisa dicoba.

Refresh system

1. Lakukan refresh setiap kali pindah aplikasi. Caranya klik kanan pada area monitor, lalu pilih Refresh. Atau bisa pula dengan satu klik tombol F5 (deretan tombol bagian atas keyboard).


Hapus file tidak perlu

2. Hapus atau pindahkan file-file yang tidak terlalu berguna ke drive lain, misal, dipindah ke USB flashdisk, hardisk eksternal atau diburning pada CD. Terutama file yang terdapat pada System C karena akan mudah memperlambat laju proses operasionalnya.

Hapus temporary files

3. Hapus temporary files. File-file ini akan terus menumpuk pada drive C jika tidak segera dihapus.

Uninstall aplikasi jarang dipakai

4. Uninstall program aplikasi yang jarang digunakan. Sebab laju booting system akan terganggu dengan banyaknya aplikasi. Caranya klik Start >> Control Panel >> Uninstall programs. Lalu pilih aplikasi yang akan diuninstall, klik kanan, lalu Uninstall. Tunggu prosesnya hingga benar-benar hilang dari draft. Pada proses uninstall program aplikasi, ada yang meminta untuk restart guna penyelesaian proses uninstall. Lewatkan saja jika masih ada beberapa aplikasi yang harus diuninstall. Atau bisa restart langsung jika memang hanya satu aplikasi saja yang diuninstall.
Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Defragment disk secara berkala

5. Tata file-file yang ada pada seluruh drive dengan cara defragment secara berkala. File-file yang ada akan terus menumpuk satu sama lain, kemudian saling bersinggungan dan saling lompat jika ada file baru masuk maupun file lama yang terhapus. Maka defragment berfungsi untuk menatanya kembali agar urut dan tidak memberatkan system. Caranya adalah Klik Windows Explorer, lalu pilih drive yang akan didefrag. Klik kanan, menuju Properties. Setelah itu buka tab Tools, klik Defragment now. Pilih drivenya, akhiri dengan Defragment disk.
Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Disk cleanup

6. Disk cleanup hardisk secara berkala. Fungsinya adalah membersihkan file-file sampah terutama temporary file system. Caranya sama dengan poin 5, tetapi pilih Disk Cleanup pada menu tab Tools. Pilih file-file temporary, lalu aktifkan disk cleanup. 

Kosongkan Recycle bin

7. Kosongkan Recycle bin. Recycle bin adalah tempat sementara file-file yang terhapus dan tetap terus berada di sana. Apabila tidak dihapus, maka akan terus menjadi sampah pada system. Untuk menghapuskan secara permanen, maka dikosongkan dengan cara klik kanan ikon Recycle bin, klik Empty Recycle bin.

Nonaktifkan aplikasi pemberat

8. Matikan aplikasi pemberat laju loading system. Caranya buka Windows Task Manager melalui Ctrl+Alt+Delete. Tunggu beberapa saat, lalu muncul popup pilihan. Silakan klik Windows Task Manager. Setelah terbuka, silakan pilih aplikasi yang berjalan dengan pemakaian prosentase system paling besar pada menu tab Processes. Lalu klik End Process. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut benar-benar hilang. Cara ini tidak menghapus aplikasi, akan tetapi hanya menonaktifkan aplikasi sementara. Sahabat bisa menjalankannya lagi.
Trik Meningkatkan Performa Laptop Agar Loading Maksimal

Matikan fitur real time protection

9. Matikan fitur Real Time Protection pada anti virus. Fitur ini memang sangat bagus untuk terus dijalankan, sebab akan cepat merespon jika suatu saat tiba-tiba ada ancaman virus baru masuk ke system. Namun, apabila memang dimungkinkan tidak adanya bahaya interaksi virus, ada baiknya untuk mematikan fitur ini sementara. Caranya, hilangkan tanda centang pada Enable Real Time Protection. Cara ini untuk antivirus Avira. Sedangkan untuk anti virus lainnya, caranya hampir mirip dengan Avira ini.

Install ulang windows

10. Jika cara-cara di atas belum bisa memberikan solusi untuk performa laptop yang lebih baik, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah install ulang operasional system windows. Cara ini akan menghasilkan performa laptop seperti sedia kala. Semua aplikasi yang terpasang pada system akan terhapus.

Mohon maaf untuk proses installasi selanjutnya tidak bisa saya tampilkan guna menghindari aktifitas yang tidak diinginkan. Saya sarankan untuk memakai CD Windows yang original.

Sebenarnya, sahabat blogging pun masih tetap bisa melakukan aktifitas ngeblog meski tanpa menggunakan laptop atau komputer desktop. Sahabat bisa membuat postingan melalui HP. Untuk caranya, silakan menyimak uraian Cara Membuat Postingan Melalui HP/Ponsel.

Demikian ulasan cara meningkatkan performa laptop dan komputer. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali. Sahabat juga bisa menshare postingan ini.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser