Monday, October 31, 2016

Ikuti Langkah Ini Agar Akun Google Anda Aman


tips menjaga keamanan akun google
Google adalah perusahaan besar yang memiliki banyak fitur dan produk. Fitur yang dimilikinya saling berkaitan antara satu sama lainnya. Sebut saja gmail, google plus, picasa web albums, google talk, google drive, adsense, adwords, blogger, youtube dan masih banyak lagi. Hal ini lebih dikarenakan kemudahan mengakses layanan berupa satu akun untuk banyak fitur dan produk.

Bagi sahabat blogger, akun google ini juga memegang peranan penting untuk membuka akses dalam pembuatan blog dalam platform blogspot dari blogger.com. Sebab salah satu syarat utama membuat blog dari paltform ini adalah harus memiliki akun gmail. Dan gmail merupakan fitur layanan email dari google.
 

Maka keamanannya menjadi satu hal wajib untuk dijaga. Lengah sekali saja, bisa fatal akibatnya. Tidak lagi bisa mengakses layanan google, hingga kemungkinan hilangnya pemasukan adsense bagi blogger yang telah berhasil menautkan iklan adsense di blognya atau youtubers dengan adsense di kanal youtube miliknya. Juga data-data pribadi pun lenyap jika tidak benar-benar menjaga akun google ini.
 

Tips dan trik menjaga keamanan akun google

Berikut beberapa tips dan trik bagaimana cara menjaga agar akun google kita aman dan tidak mudah dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hindari pemakaian sandi yang sama pada web lain

Dengan alasan agar lebih mudah menghafal sandi, biasanya user memakai sandi yang sama pada akun lain di web yang berbeda. Misalnya akun twitter, facebook, dan akun jejaring sosial lainnya. Sedangkan untuk blogger biasanya memakainya saat submite blog ke blog direktory, forum, sosial bookmark, dan lain-lain. Jika hal ini terjadi, segeralah menggantinya. Sebab tidak ada yang bisa menjamin situs-situs tersebut termasuk situs terpercaya.
 

Pastikan logout pada komputer lain

Jika harus membuka akun google menggunakan komputer lain, maka hal wajib dilakukan adalah selalu logout atau keluar sebelum benar-benar meninggalkan komputer tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar browser yang digunakan tidak terbuka secara otomatis mengakses akun kita saat orang lain memakainya. Selain itu, lakukan penghapusan history, cache dan cookies pada browser setelah selesai menggunakannya.

Lakukan pemeriksaan keamanan akun

Silakan menuju ke myaccount.google.com. Klik Get Started pada bilah menu Security Checkup. Lalu lakukan instruksi yang telah disediakan google guna pemeriksaan lanjutan mengenai keamanan akun.
Tips dan trik menjaga keamanan akun google

Gunakan opsi pemulihan akun

Pengaturan opsi pemulihan akun berfungsi untuk memulihkan akun bila terjadi lupa pasword atau kesalahan saat login. Google meminta menyertakan email alternatif lain untuk mengirimkan bantuan pemulihan ini. Selain itu juga meminta nomor handphone guna pemulihan melalui teks seluler. Simak pada tautan myaccount.google.com/security.
Tips dan trik menjaga keamanan akun google

Ikuti verifikasi 2 langkah

Google memberikan fitur lanjutan guna menjaga akun user melalui dua lapis keamanan. Satu untuk kata sandi atau pasword, dua untuk kode verifikasi melalui mobile text. Silakan menuju ke accounts.google.com/SmsAuthConfigKlik Start setup untuk melanjutkan verifikasi 2 lapis ini.
Tips dan trik menjaga keamanan akun google

Buat pasword yang kuat

Pasword atau kata sandi adalah kode utama untuk memasuki jaringan akun. Maka ini adalah step krusial dalam mengakses akun. Google sendiri telah memberikan persyaratan pasword yang harus digunakan. Diantaranya setidaknya memiliki 8 karakter yang terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, simbol, dan tidak diperkenankan memakai spasi baik di awal, tengah maupun akhir pasword.

Hindari pasword yang mudah ditebak

Namanya sandi haruslah berupa rangkaian kode rahasia. Sehingga memerlukan ketepatan penggunaan. Hindari pasword yang mudah ditebak, seperti sandi yang menggunakan angka urut, huruf abjad urut, tanggal lahir, kota asal, nama pacar, nama istri atau anak, hobi kesayangan, nomor terakhir handphone, nomor jalan dan normor rumah dan sebagainya. Sebisanya untuk menghindari penggunaan kata sandi yang masih ada hubungannya dengan diri kita.

Pastikan browser terbarui

Browser yang sering digunakan untuk mengakses akun, sebisa mungkin diperbarui apabila ada notifikasi untuk memperbaruinya. Browser yang telah diperbaruhi, niscaya history, cache dan cooikes di dalamnya ikut hilang dan mengharuskan untuk login kembali.

Pastikan komputer aman dari virus

Gunakan antivirus secara berkala untuk menscan drive yang ada. Selain itu, pastikan real protectionnya juga aktif. Juga windows fire wall dan mode save web browser pada antivirus tersebut enabled. Jika memang mengharuskan untuk menginstall toolbar antivirus, maka lakukanlah.


Demikian beberapa langkah trik dan tips untuk menjaga agar akun google kita aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon