Monday, October 31, 2016

5 Pelajaran Berharga Menjadi Seorang Blogger

pelajaran menjadi seroang blogger
Pengalaman bisa diperoleh dari mana saja. Saat masih kanak-kanak, kita mendapatkan pelajaran berharga dari orang tua kita. Bagaimana beliau menasehati kita untuk menjadi anak yang berbudi pekerti yang baik. Berperilaku sopan dan senantiasa taat kepada Tuhan. Kemudian setelah menginjak dewasa, pengalaman itu terasa berkesan dan mampu menorehkan tinta emas dalam hati kita.

Kini, setelah berkutat dengan dunia blogging, saya merasakan perasaan yang sama. Ada pengalaman berharga yang saya dapatkan dari aktivitas mengelola blog. Pengalaman yang tidak sengaja tertanam, namun mampu menimbulkan efek pada pola pemikiran yang lebih baik. Apa saja pelajaran berharga yang bisa didapatkan bagi seorang blogger itu? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pelajaran berharga bagi seorang blogger

#1. Tidak kuper dan selalu update

Jika dahulu kita jarang memperhatikan berita-berita harian dalam media massa, maka setelah aktif dalam dunia blogging, kebutuhan akan informasi terkini terasa begitu menggiurkan. Sehingga secara tidak sengaja telah menginput informasi terbaru. Apalagi bagi blogger yang fokus pada niche trending topic. Segala hal yang terjadi saat ini dan sedang popular adalah hal wajib yang harus diketahui. Artinya, bahwa blogging telah mengajarkan kita menjadi orang yang tahu kabar terkini dan tidak kuper alias kurang pergaulan dalam menyerap informasi yang ada.

2#. Menjadi kreatif

Setiap informasi yang masuk, akan dicermati benar-benar oleh blogger jika ingin mereview ulang. Maka tuntutan berkreasi atas informasi tersebut adalah hal mutlak agar hasil karyanya bisa diterima. Seperti diketahui, bahwa sebuah berita akan terlihat monoton saat didengar atau dibaca. Namun tidak bagi blogger. Ia akan berusaha mengemas berita tersebut menjadi sebuah artikel yang unik dan menarik untuk disimak melalui gaya bahasa dan penulisan yang baik. Inilah pengajaran bagi seorang blogger. Selalu ingin menjadi kreatif dalam setiap hal.

#3. Jadi yang terbaik

Optimasi blog bagi blogger, ibarat sebuah perlombaan. Siapa yang berhasil mencapai garis finish, maka dialah pemenangnya. Dalam bahasa lain, blog yang berhasil memuncaki page one di google search, dialah sang juara. Dan tidak berhenti begitu saja. Tindakan selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan blog agar tetap berada di puncak. Bagi blog yang masih berada di bawahnya, terus berusaha mencapai garis finish dan menjadi juara baru. Dan begitu seterusnya.

Inilah pengalaman berharga setelah sekian lama berkutat dalam dunia blogging. Yakni selalu ingin menjadi yang terbaik dalam kualitas SEO. Selalu ingin menjadi yang terdepan dalam peringkat di google search. Dan selalu ingin menjadi yang terbanyak dalam hal menjaring jumlah visitor.

#4. Memberi kemudian menerima

Hakikat blogging adalah memberikan ilmu dan informasi sebanyak-banyaknya. Kemudian mengemasnya dengan sebaik-baiknya agar mudah diterima. Semua diberikan dengan tanpa biaya apapun, alias gratis. Tenaga, pikiran dan waktu tersita digunakan untuk membagikan ilmu yang ia miliki. Bukankah ini pengalaman yang menakjubkan? Memberikan segala hal yang kita ketahui, tanpa pamrih apapun. Meski sebenarnya hasil dari itu semua akan beriring di belakangnya. Prinsip memberi terlebih dahulu kemudian menerima hasil di kemudian hari adalah pengalaman berharga menjadi seorang blogger.

#5. Sabar meraih sukses

Blogging mengajarkan kita pengalaman bahwa meraih sukses itu tidak bisa terjadi dalam semalam. Kesuksesan dilalui dengan kerja keras dan proses yang bertahap. Dan kesuksesan seorang blogger tidak melulu soal uang dan dollar. Kesuksesan sebenarnya adalah berhasilnya informasi masuk ke dalam pemikiran pembaca. Ucapan terima kasih dari mereka justru sangat berkesan dibanding hanya beberapa sen dollar saja. Kebaikan yang mereka lakukan dari ilmu yang kita bagikan ibarat intan yang tidak akan lapuk meski diterpa deraan cuaca. Dan lebih penting lagi, bahwa tulisan yang kita buat, akan selalu menjadi bahan rujukan bagi siapapun yang membacanya. Dan menjadi bahan kebaikan yang mereka lakukan.
 
Bukankan ini serupa dengan orang tua kita yang senantiasa mengajarkan hal-hal kebaikan meski beliau tidak pernah mengharapkan imbalan dari putra-putrinya. Inilah pengalaman berharga bagi seorang blogger. Sebab sukses adalah puncak kebaikan. Dan bilapun bisa diiringi dengan kekayaan, itu hanyalah tambahan semata. Bukan tujuan utama.

Bagaimana, apakah sahabat merasakan pengalaman berharga seperti yang saya rasakan ini?

Demikianlah ulasan sisi lain yang bisa dipelajari dari seorang blogger. Semoga bermanfaat. Dan saya akan senang mendengar pendapat dari sahabat semua tentang pengalaman berharga apa saja yang didapatkan dari seorang blogger. Silakan ditulis dalam bentuk komentar. Dan happy blogging again.


EmoticonEmoticon