5 Tips SEO Terbaik Agar Keyword Lebih Efektif


Tips SEO Keyword
Keyword atau kata kunci tidak bisa dipisahkan dengan teknik SEO blog. Keyword memegang peranan sangat vital dalam rangka menghadirkan blog di dalam mesin pencari. Bisa dikatakan, keyword lah yang telah berjasa besar bagi blog agar bisa diakses oleh visitor. Sebab mayoritas calon visitor lebih banyak mempergunakan mesin pencari untuk menemukan informasi yang ia butuhkan. Dan melalui keyword inilah blog dapat diakses oleh visitor.

Peranan lain keyword atau kata kunci ini juga sangat mendukung googlebot dalam merayapi sebuah situs atau blog. Googlebot bekerja menelusurui seluruh konten dalam tubuh situs. Kemudian menghasilkan indeks dan menempatkan pada hasil pencarian sesuai ranking kepopuleran situs. Maka sekali lagi, keyword memainkan peranan penting untuk meningkatkan peringkat mesin pencari sebuah situs atau blog.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya keyword ini, perlulah kiranya dioptimalkan keberadaannya agar lebih efektif. Ulasan berikut membahas seputar bagaimana menggunakan kata kunci pada blog agar manfaatnya lebih efktif.

Cari kata kunci

Sebelum memulainya, langkah pertama adalah mencari keyword yang tepat untuk blog sahabat. Pilihlah kata kunci yang paling tepat untuk mewakili blog. Caranya bisa menggunakan tools keyword checker atau bisa pula memanfaatkan tools dari Google Adwords. Silakan berkreasi untuk mendapatkan kata kunci yang paing relevan dengan blog sahabat. Pastikan kompetisi tiap kata kunci yang disajikan. Bijaklah untuk memilih kata kunci dengan persaingan rendah atau tinggi. Semua tergantung kesiapan sahabat dalam mengelola blog. Dan berikut adalah cara meletakkan kata kunci dalam sebuah postingan artikel.


Cara meletakkan keyword yang tepat

#1. Letakkan pada judul

Setelah mendapatkan kata kunci, langkah selanjutnya adalah meletakkannya dalam judul. Idealnya judul blog mengandung kata kunci utama. Selain itu, kata kunci juga wajib diletakkan pada judul postingan. Mengapa demikian? Sebab, judul postingan adalah kata pertama yang dirayapi oleh mesin pencari. Maka wajib hukumnya meletakkan kata kunci ke dalam judul postingan.

#2. Header tags

Dalam sebuah artikel, terbagi dalam judul, bab dan sub bab. Dalam bahasa SEO, diistilahkan sebagai header tags. Dari segi pembaca, struktur artikel seperti ini lebih mudah dipahami. Dan lebih dari itu, spiderbot atau laba-laba mesin pencari lebih menyukai header tags. Maka peletakan kata kunci dalam header tags ini akan sangat berpengaruh besar bagi indeks blog dalam mesin pencari.

#3. Anchor text

Sebuah penelitian menyebutkan, ternyata googlebot lebih menyukai link dalam bentuk anchor text dibanding link biasa. Entah memakai argumentasi apa, yang jelas kata-kata sederhana yang diselipkan link justru lebih efektif dalam perayapan mesin pencari.

#4. ATL Images

Jika postingan blog sahabat terdapat gambar, ada baiknya untuk menyematkan ALT tags di dalamnya. ALT tags ini akan memberitahu spiderbot agar mudah dirayapi. Sehingga sangat baik untuk indeks blog dalam hasil pencarian. Maka, pastikan kata kunci ada dalam ATL tags ini.

#5. Awal, tengah dan akhir postingan

Banyak yang memiliki pendapat tentang hal ini. Yakni menempatkan kata kunci secara merata dalam tubuh postingan. Caranya adalah dengan meletakkan kata kunci di awal paragraph pertama, kemudian di tengah-tengah inti postingan dan pada akhir postingan sebagai kesimpulan atau penutup. Meski belum begitu popular, namun cara ini tampaknya juga efektif untuk menambah dukungan terhadap mesin pencari agar mudah mendapatkan kata kunci dalam blog tersebut. Atau paling tidak, konten yang ada memiliki kata-kata kunci yang lebih padat.


Warning!

Ingat, visitor adalah manusia bukan robot. Jadi ada baiknya juga memperhatikan sisi human dalam meletakkan kata kunci yang ada. Hindari penggunaan kata kunci yang berlebihan yang justru akan membuat bingung pembaca. Bijaklah dalam menggunakan kata kunci ini.

Demikian tips peletakan kata kunci paling efektif dalam blog. Jika pendapat sahabat tidak bersesuaian dengan argumentasi di atas, silakan ikut memberikan masukan. Saya tunggu responnya dalam kolom komentar yang ada. Terima kasih. Salam.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser