Monday, October 31, 2016

Ini yang Dapat Kamu Lakukan Jika Blog Kena Delete Google


Ada beberapa alasan mengapa google secara 'sepihak' menghapus blog kita. Alasan karena telah melanggar aturan TOS google menjadi bukti terkuat yang biasa disematkan dalam notifikasi penghapusan blog tersebut.

Namun, adakalanya kita sebagai pengelola blog merasa ditempatkan sebagai tersangka utama sebagai penyebab blog tersebut dihapus. Padahal jika dilihat keseluruhan blog, dirasa tidak ada yang melangar aturan google sedikitpun. Tetapi kenapa google tetap melakukan tindakan 'delete' ini?

Seperti yang telah saya sebutkan dimuka, memang google seakan-akan telah melakukan tindakan sepihak. Kita sebagai pemakai layanan, tentunya tidak bisa berbuat apa-apa. Akan tetapi, tampaknya google masih memperhatikan blogger untuk melakukan banding bagi blog yang telah dihapus. Kemudian meminta pihak google untuk mereview kembali keseluruhan isi dan konten yang terdapat dalam blog tersebut.


Layaknya pengadilan, jika hasil investigasi dari google tidak ditemukan pelanggaran yang berarti, maka pengajuan banding pun akan diterima. Hasilnya, blog kembali bisa diakses dan dikelola kembali. Namun sebaliknya, jika pengajuan banding tersebut ditolak lagi, maka penghapusan akan terus berlanjut hingga benar-benar isi dan konten blog mematuhi aturan google.

Human vs Machine

Satu hal yang perlu diingat, bahwa semaju apapun teknologi algoritma google, tetap saja hanyalah sebuah mesin atau robot. Bukan manusia. Sehingga tingkat kesalahan yang terjadi tidak selalu benar. Apa yang telah kita lakukan sudah benar, belum tentu mendapatkan apresiasi positif bagi google. Blogger adalah manusia, sedangkan google adalah mesin. Tentu berbeda.

Artinya, maklumilah jika memang blog yang kita kelola benar-benar telah dihapus oleh google meski sebenarnya tidak ada satupun konten yang melanggara aturan TOS google.


Baiklah, melanjutkan pembahasan mengenai cara mengajukan banding saat blog kita dihapus oleh google. Berikut caranya.

Cara mengajukan banding saat blog dihapus google

1. Masuk dasboard blogger. Disana akan terlihat semua daftar blog. Baik yang aktif maupun yang dikunci (locked) oleh google.
2. Klik Locked blog.
3. Klik Appeal.

Sampai disini proses pengajuan telah selesai. Kita tinggal menunggu hasil review dari google. Menurut pengalaman, hasil review akan dirilis minimal 1x24 jam. Hasil review pengajuan ini akan dikirim melalui email.

Ini hasilnya jika blog yang kita ajukan banding diterima oleh google dan siap diakses serta dikelola kembali.

Note:
Jika blog tersebut bebas dari pelanggaran TOS google, pasti blog akan dikembalikan lagi. Sebab menurut saya, proses pengajuan banding ini sangat memungkinkan untuk mengembalikan blog yang telah dihapus google.


Demikian cara mengajukan banding jika blog kita dihapus oleh google. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.


EmoticonEmoticon