Fakta Menghasilkan Uang Melalui Blog yang Layak Anda Pahami

Fakta Menghasilkan Uang Melalui Blog
Setiap blogger memiliki pandangan yang berbeda-beda seputar blogging. Namun hampir satu kata, bahwa dengan blog mereka bisa menghasilkan uang. Mereka masih memegang harapan bahwa blog bisa menjadi ladang rezeki dan bisnis baru untuk kesejahteraan hidupnya.

Bahkan tidak sedikit orang-orang yang belum pernah terjun dalam dunia blogging menganggap bahwa bukanlah sesuatu yang sulit untuk menghasilkan uang dari mengelola blog. Mereka berpikir, siapapun bisa melakukannya. Membuat blog hanya memerlukan koneksi internet saja. Soal caranya, bisa searching melalui google atau bertanya di forum atau media sosial. Pengelolaannya pun bisa dilakukan kapanpun tanpa terikat waktu. Sehingga kemudian memunculkan kesimpulan bahwa memang benar jika membuat blog itu mudah, maka peluang untuk mendapatkan uang pun juga mudah. Benarkah demikian?

Fakta uang dalam blogging

Jika sahabat termasuk salah satu orang yang berpikiran mudah menghasilkan uang melalui blog, mari saya tunjukkan kebenaran fakta tentang menghasilkan uang melalui blogging. Silakan simak ulasan berikut ini.


Membuat blog = membuat uang

Banyak blogger berpikir, setelah berhasil membuat blog, kemudian mengupdate postingan dan mengubahsesuaikan desain blog, maka uang pun akan segera mengalir. Mereka melupakan satu hal yang sangat berpengaruh besar bagi blog itu sendiri. Apa itu? Yakni SEO.

Hadirnya SEO membuat blog makin popular di mata search engine. Peluang terus berkembang akan senantiasa mengiringi blog yang dioptimasi. Maka wajar jika blog tanpa SEO, ibarat menaruh uang di mulut harimau. Meski menggiurkan, namun tidak ada yang tertarik untuk menggapainya. Blog tanpa SEO, pasti kalah dalam persaingan.


Maka, pada hakikatnya blog adalah sarana saja. Intinya adalah SEO. Sehingga belajar SEO adalah salah satu investasi yang menghasilkan uang bagi seorang blogger. Banyak blogger sukses karena optimasi SEO yang mereka terapkan. Mereka berhasil mendapatkan uang setelah sebelumnya bekerja keras untuk mengoptimasi SEO blog miliknya.


Maka jika ingin menghasilkan uang melalui blog, belajarlah SEO. Dan perlu diingat, perbaikan dan perkembangan blog tidak serta merta terjadi dalam sekejap, namun butuh waktu. Dan itulah kebenaran dalam prinsip SEO.

Sukses = Approve Adsense

Tidak disangkal, bahwa google adsense adalah salah satu produk google yang paling popular. Ketenarannya sangat dipengaruhi oleh program kerjasama periklanan dengan para blogger. Dan disebut-sebuit sebagai ladang bisnis yang sangat menggiurkan dalam dunia blogging.

Mayoritas blogger berlomba-lomba untuk mendaftarkan diri dalam program adsense ini. Ada yang berhasil disetujui untuk ikut diberi wewenang memasang iklannya di blog. Namun tidak sedikit pula yang harus jatuh bangun berjuang demi mendapatkan persetujuan dari adsense ini, walau akhirnya harus rela ditolak. Ada yang terus berupaya agar disetujui, namun tidak sedikit yang justru berhenti mengelola blog hanya karena merasa sangat kesulitan mengikuti program dari google adsense ini.


Menariknya, jikapun sudah disetujui bukan berarti aman dari ancaman banned. Sewaktu-waktu pihak google bisa menghapus akun tersebut. Bahkan tidak memandang berapapun sen dollar yang telah didapatkan.


Jadi cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blogging adalah tidak fokus pada satu sumber pendapatan saja. Dalam dunia online begitu banyak peluang penghasilan yang dapat dicoba. Dan tidak ada salahnya mengikuti semuanya. Ada bisnis affiliate marketing, menjual produk secara online, paid review, paid survey, freelance writer, dan masih banyak lagi. Maka mulai sekarang bukalah mata selebar-lebarnya. Ingat, bisnis online bukan cuma adsense saja. Belajarlah dari orang-orang sukses yang berhasil bukan dari adsense.

Kaya dengan cepat

Kaya merupakan kata yang mampu menghipnotis siapapun tanpa pandang bulu. Semua orang ingin kaya. Apalagi kaya dalam sekejap dan tanpa melalui kerja keras. Dogma seperti ini tampaknya menghinggapi sebagian blogger, meski tidak semuanya begitu. Karena seringnya mendapatkan informasi keuntungan puluhan hingga ratusan dollar dalam sehari dalam dunia online, mereka membuat paradigma praktis bahwa jika ingin kaya dengan cepat, maka buatlah blog.

Sayangnya, pemikiran seperti ini justru berpotensi menghambat kreativitas dan semangat dalam mengelola blog. Jika kemudian harapan dan target yang muluk tidak bisa tercapai dalam sebulan, dua bulan, tiga bulan dan seterunya, biasanya mulai kehilangan semangat. Fokus mulai memudar. Yang pada akhirnya beranggapan sinis bahwa membuat uang dari blog itu ternyata susah.


Inilah yang dikhawatirkan jika pemikiran cepat kaya dari blog terus berlanjut. Maka, sebagaimana layaknya sebuah bisnis. Merintis mulai dari nol, dan dikelola tahap demi tahap, perlahan tapi pasti justru lebih mengarah pada kesuksesan yang beriring pada kekayaan.

Jaminan sukses dari blog

Bagi blogger pemula yang rajin mencari info tentang orang-orang sukses dari blog akan mudah mengatakan, ternyata blog bisa menjamin seseorang jadi sukses. Atas informasi tersebut, mulailah mencari ilmu bagaimana membuat blog untuk memulai bisnis bloggingnya.

Kemudian setelah berjalan setahun, dua tahun, dan tidak kunjung mendapatkan hasil dari blognya, mulailah ia berpikir, ternyata salah besar jika blog adalah tempat tepat untuk mendapatkan jaminan kesuksesan. Bahkan blogger professional sekalipun tidak luput dari kegagalan. Ratusan hingga puluhan ribu dollar yang dikeluarkan untuk promosi blog tidaklah cukup sebagai jaminan sukses tersebut.


Dengan demikian, tidak ada orang yang bisa menjamin bahwa kita atau blog yang kita kelola akan sukses disuatu hari nanti. Hanya kerja keras dan upaya nyata untuk meraih kesuksesanlah yang dapat memberikan kesempatan mendapatkan jaminan itu. Maka mulai sekarang berhentilah untuk menganggap bahwa sukses itu mudah bila telah memiliki blog.

Berhenti belajar

Sisi keindahan dalam dunia blogging adalah tuntutan untuk terus belajar dan belajar. Tidak ada kata berhenti untuk melakukannya. Bahkan bagi blogger expert sekalipun, tetap dituntut untuk belajar. Setiap saat informasi senantiasa terupdate, makin beragam dan penuh kreasi. Itu berarti menjadi seorang blogger harus terus bekerja dan belajar non stop. Tidak ada istilah berhenti di satu titik, kecuali bagi yang benar-benar berhenti dari aktivitas blogging.

Jika sekarang kita adalah blogger pemula yang wajib untuk terus belajar demi kemajuan blog kita, maka jangan kemudian menganggap blogger ahli sudah berhenti belajar. Tidak. Mereka juga tetap terus belajar untuk tahapan dan hal-hal yang lebih baru lagi. Sekali lagi, inilah keindahan dalam dunia blogging. Tidak melulu soal uang dan uang, akan tetapi tentang belajar dan terus belajar.


Demikianlah beberapa fakta menghasilkan uang dari blogging. Saya tidak berusaha untuk menggiring pemikiran baru seputar bisnis blogging ini. Jadi, jika para sahabat mempunyai pemikiran dan pendapat lainnya, saya makin semangat untuk mendengarkannya. Masukkan respon ke dalam kolom komentar yang ada. Semoga bermanfaat and happy Friday, it's time to pray.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser