Tips Menghemat Kuota Internet Saat Blogging

Blogging adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara online, maka mau tidak mau kita harus mempersiapkan kuota internet untuk melakukannya. Namun bagaimana jika suatu hari kuota anda tiba-tiba habis dan uang yang anda miliki tidak cukup untuk membeli kuota. Pastinya hal tersebut membuat bingung kepala sobat.


Nah untuk mengatasi sesuatu yang tidak di inginkan saat blogging, mungkin anda membutuhkan beberapa tips menghemat kuota internet agar kegiatan blogging dapat dilakukan setiap hari, terutama untuk anda yang sedang kejar target menulis 20-50 artikel setiap harinya. Berikut tips menghemat kuota internet saat blogging.

Tips Menghemat Kuota Internet Saat Blogging

1. Menulis Secara Offline

Apabila kuota yang anda miliki sedang dimasa kritis, anda dapat menulis secara offline. Pertama gunakan MS.Word untuk menulis sebuah artikel. Lalu copy artikel tersebut ke Notepad, setelah itu barulah copy-paste pada halaman postingan. Nah anda hanya menggunakan kuota internet untuk melakukan publish. Selain itu anda juga dapat menulis pada halaman posting, lalu putuskan koneksi internet saat menulis. Bagaimana mudah sekali bukan?

2. Kurangi Preview

Jika anda tidak suka menulis secara offline, maka kurangi menggunakan fungsi preview ketika menulis. Dulu saya sering menggunakannya, mungkin setiap satu paragraf pasti saya lihat previewnya. Berulang ulang dalam membuka tab baru, saya rasa itu akan banyak menghabiskan kuota. Padahal akan lebih baik jika anda menggunakan fungsi preview dengan bijak, selesaikan terlebih dahulu artikel yang anda tulis, barulah lihat preview. Perbaiki kata, kalimat, dan tata letak artikel, setelah itu publish.

3. Kecilkan Ukuran Gambar

Kegiatan download dan upload pastilah mengurangi kuota, bagi anda yang tidak suka dengan postingan tanpa gambar cobalah untuk mengupload gambar dengan ukuran yang relatif kecil. Mungkin sekitar 50-100Kb, saat menyimpan gambar menggunakan software yang digunakan untuk mengedit, kurangi kualitas gambar maka dengan otomatis ukurannya juga akan semakin kecil. Terutama jika anda menulis artikel tutorial yang pastinya banyak menggunakan gambar.

4. Kurangi Frekuensi Reload 

Biasanya hal ini dilakukan oleh blogger baru, termasuk saya sendiri awal membuat blog ini. Saya sering sekali me-reload dashboard blog setelah menulis artikel, hal itu dilakukan untuk melihat pageview yang terus bertambah. Namun kebiasaan itu saya tinggalkan ketika sadar bahwa hal tersebut menghabiskan banyak kuota dan tidak berguna sama sekali. 

5. Hindari Refrensi Video

Seorang blogger memang tidak bisa jauh dari yang namanya refrensi, bahkan ketika dia menceritakan kehidupannya sendiri. Nah saat anda membutuhkan refrensi untuk menulis artikel, carilah refrensi tertulis bukan video, hal ini dilakukan agar kuota internet lebih hemat karena streaming video akan memakan kuota anda dengan sangat cepat.

6. Tutup Tab Browser

Masih masalah refrensi, ketika anda mencarinya pasti membutuhkan beberapa refrensi sebelum membuat artikel. Mungkin anda akan menemukan 20 refrensi dan hanya sebagian saja yang digunakan. Maka cobalah untuk menutup tab sebagian lainnya untuk menghemat kuota internet

7. Pisahkan Kuota Blogging dan Lainnya

Hemat tidaknya kuota tergantung pada seluruh pemakaian saat berkecimpung di dunia internet. Jika anda sudah melakukan beberapa tips diatas namun hobi melihat Video Yotube atau Download ini itu, mungkin 2 hari juga sudah habis. Maka dari itu cobalah untuk memisahkan kuota blogging dan akses internet lainnya, misalkan anda membeli kuota 1GB khusus untuk blogging dan beberapa GB untuk akses lainnya, cara ini sebenarnya ampuh namun anda harus siap repot mengganti kartu berkali-kali.

8. Beli Paket Unlimited

Tips terakhir yang dapat saya tuliskan adalah membeli paket internet unlimited yang biasanya kecepatan diturunkan saat kuota habis, tidak masalah walaupun lelet yang penting masih bisa blogging daripada tidak sama sekali, mantap kan!
Demikian beberapa cara untuk menghemat kuota internet saat blogging. Saya harap dengan tips diatas, anda dapat terus mengupdate artikel setiap harinya agar semakin banyak visitor yang datang untuk berkunjung dan membaca. semoga bermanfaat.

Baca Juga : ADSENSE

Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser