Pengertian dan Fungsi SEO bagi Popularitas Blog dan Trafik

Pengertian dan Fungsi SEO bagi Popularitas Blog dan Trafik

Pengertian dan Fungsi SEO
KITA akan ulas tema Pengertian dan Fungsi SEO bagi Popularitas Blog dan Trafik ini dengan sebuah hasil survei yang menunjukkan pentingnya SEO dan Mesin Pencari dalam blogging atau manajemen website.

Menurut hasil riset yang dilakukan Edelman Trust Barometer 2016 di Indonesia, mesin telusur atau situs pencarian (Google, Bing/Yahoo) dan media sosial menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan dalam mencari berita, jauh meninggalkan TV, koran, blog, dan majalah.

Artinya, kebanyakan pengguna internet membuak Google atau Bing/Yahoo, lalu mencari informasi di situs pencarian ini, selain di media sosial.

Menurut CEO Edelman Indonesia, Raymond Siva, sekitar 75 persen responden berpendapat, mesin pencari sebagai sumber informasi paling terpercaya, diikuti dengan media tradisional dengan 70 persen.

"Sekarang kita hidup di zaman digital dan pencarian daring menjadi salah satu tempat pertama masyarakat yang mencari berita dan informasi. Lebih penting lagi, pencarian daring paling dipercaya untuk memperoleh informasi. Hal ini menjadikan hasil pencarian dalam laman pertama Google menjadi sangat berpengaruh," ujarnya dikutip Viva

Ia menambahkan, temuan ini menunjukkan bagaimana optimisasi mesin pencarian yang efektif, serta investasi dalam konten digital dan sosial, penting untuk mendekati publik. 

Mesin pencari terpopuler atau terbanyak digunakan untuk mencari informasi adalah Google, seperti data statistik dalam gambar berikut ini:

mesin pencari terpopuler

Gambar berikut ini menunjukkan bagaimana pengguna internet menemukan blog atau website melalui mesin pencari, tidak langsung membuka website yang berisi informasi yang mereka cari.

people search engine website

Jadi, kebanyakan pengguna internet atau pembaca, menemukan sebuah web atau blog kita melalui mesin pencari, selain media sosial, dan sedikit yang langsung membuka alamat web/blog di internet browsernya.

Data survei plus dua gambar di atas, cukup kiranya menunjukkan pentingnya SEO bagi blog kita, agar mudah dan cepat diindeks mesin pencari, sehingga mudah ditemukan pengunjung, dan blog kita banyak yang buka.

Gambar ketiga juga menunjukkan, betapa yang harus dipentingkan adalah Konten Berkualitas dan halaman posting (single post), bukan utak-atik halaman depan (hompege), meski tampilan homepage juga harus menarik dan Fast Loading.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Enginze Optimization atau pengoptimalan mesin mencari. Artinya, SEO merupakan teknik pengoptimalan agar blog kita SEO Friendly, Google Friendly.


Fungsi SEO

Fungsi SEO sudah tergambar di atas, yakni membuat blog kita mudah dan cepat terindeks mesin pencari, sehingga banyak pengunjung.

Jika Anda menggunakan Jasa SEO, maka harus bayar mahal, agar blog Anda menempati peringkat teratas atau setidaknya ada di halaman pertama (page one) halaman hasil pencarian (SERP). 

Namun, seperti dikatakan Google dalam Panduan SEO-nya, Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google.

Sebelum menerapkan Tips & Trik SEO, bagi pemula, bisa memulainya dengan menggunakanTemplate Blog SEO Friendly. Good Luck 

Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser