Saturday, January 7, 2017

Rekomendasi Saham Terbaik untuk Tahun 2017


Para investor saham dan reksadana di Indonesia boleh berlega hati dan optimis menatap cerahnya dunia investasi. Tahun 2016 ditutup dengan posisi IHSG di level  5.302,7, atau meningkat 15,45 persen dibandingkan posisi penutupan periode yang sama tahun lalu. Hal ini menjadikan pertumbuhan IHSG merupakan yang terbaik ke-5 di dunia dan merupakan yang terbaik ke-2 se- Asia Pasifik.
Prestasi ini dipaparkan langsung oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad dalam konferensi pers akhir tahun 2016 Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (30/12/2016). Selain itu pertumbuhan ekonomi yang tetap positip serta program tax amnesty yang cukup sukses, mendukung optimisme pertumbuhan IHSG.
“Kondisi ekonomi domestik yang tetap kuat‎ ini mendorong apresiasi rupiah dan penguatan IHSGsepanjang 2016. Karena ekspektasi pasar dan keberhasilan program tax amnesty sehingga mampu menjaga penguatan IHSG dan kurs rupiah di tengah dinamika kenaikan tingkat bunga AS dan fluktuasi harga minyak,” papar Muliaman D. Hadad.
Lantas saham apa yang patut dikoleksi di tahun 2017?
Secara umum, para analis saham sepertinya sepakat bahwa tidak ada sentimen yang terlalu kuat untuk mempengaruhi pergerakan harga saham saat ini. Penurunan IHSG yang sempat terjadi di akhir tahun sebetulnya lebih disebabkan karena penurunan harga saham beberapa emiten yang memiliki bobot siginikan seperti GGRM, UNVR, TLKM, HMSP, dan ASII.
GGRM dan HMSP misalnya terkena dampak aturan pengenaan PPN badi distributor rokok. Lalu UNVR dihadang Glic yang juga masuk ke pasar es krim. Saham TLKM terkait dengan pengenaan tarif interkoneksi serta isu networking sharing. Lalu ASII terkena dampak penurunan penjualan otomotif sepanjang tahun 2016.
Penurunan harga saham beberapa perusahaan yang masuk aktegori blue chip seharusnya menjadi perhatian mereka yang ingin menanamkan dana cash yang masih tersisa dari tahun 2016. Beberapa emiten kinclong yang cukup murah dan layak koleksi saat ini adalah GGRM, ICBP,MSP,  TLKM, WSKT, dan LPPF.
Beberapa saham bagus lainnya yang pantas dilirik adalah WSBP, BBRI, dan BMRI.
Nah, untuk kamu yang baru ingin belajar investasi


EmoticonEmoticon