Monday, October 31, 2016

Khusus Pemula : 11 Tips Sederhana Menulis Postingan Blog

tips menulis artikel postingan blog
Bagi seorang blogger, menulis postingan adalah aktivitas yang mau tidak mau harus dikerjakan. Sebab adanya postingan karena sebelumnya telah dibuat blog.

Dan menulis artikel untuk postingan blog ternyata tidak mudah, namun juga tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya soal pembiasaan saja. Tidak perlu memiliki bakat menulis untuk membuat artikel yang baik. Sebab semua bisa dipelajari. Tidak perlu berkutat pada apa yang ingin ditulis, sebab ide menulis jumlahnya sangat berlimpah. Tidak pula hanya fokus dengan kekhawatiran akan bahasa yang jelek. Yakinlah, bahwa pembaca lebih fokus pada apa isi yang artikel yang kamu tulis. Soal gaya bahasa sifatnya relatif.
 
 Maka, jika sahabat masih merasa kesulitan dalam membuat artikel untuk postingan blog, ada baiknya menyimak beberapa tips sederhana berikut ini.


Tips sederhana menulis postingan untuk pemula

1. Pahami audiens blog

Sebelum menulis, hal pertama yang harus diketahui adalah, siapa pembacanya. Tanpa mengetahuinya, tulisan yang kita buat akan sia-sia. Jangan harap menulis blog tentang lagu campur sari jika mayoritas pembaca adalah anak muda. Sebaliknya, blog akan sepi pengunjung jika mayoritas audiens nya orang tua tetapi isi artikelnya adalah lagu punk rock.

Maka, pemahaman siapa audiens blog kita mutlak diketahui. Sahabat bisa melihat jumlah dan type audiens blog pada google analytics.


2. Sesuaikan niche blog

Setelah memahami audiens blog, hal selanjutnya adalah memilih tema artikel yang hendak ditulis. Tentukan tema yang menarik.

Sahabat bisa mencari tema dengan cara browsing, melihat status di media sosial, Juga melihat tags populer pada twitter, melihat postingan populer pada blog-blog tetangga dan juga bisa pula melalui google trends.



3. Judul yang sesuai

Judul ibarat muka bagi manusia. Judul menjadi identitas utama isi artikel. Maka memilih judul harus secermat mungkin. Tidak perlu harus dengan kata-kata menggelegar, seperti Bonus, Dahsyat, Ngeri dan sejenisnya. Sebab pembaca akan muak jika isi yang ada di dalamnya jauh dari fakta judul yang tertera.

Gunakan kata-kata sederhana dan user friendly. Seperti Tips, Cara, Panduan, dan sebagainya. Sebab menurut pengalaman, judul-judul seperti ini lebih disukai mesin google. Hindari ketidaksinkronan antara judul dengan isi artikel.



4. Kata pengantar

Setelah membuat judul, langkah selanjutnya adalah menulis sepenggal paragraf sebagai pembuka isi artikel. Karena postingan tanpa pembuka, ibarat rumah tanpa pintu. Gunakan kalimat yang menimbulkan pertanyaan agar pembaca lebih antusias untuk membacanya sampai akhir. Bisa dikatakan, berhasil tidaknya artikel selain judul adalah pada kalimat pembukaannya.


5. Konten unik

Sekali lagi mengenai keaslian konten. Sebab, seberapa hebatnya artikel, jika merupakan hasil copy paste hanya akan menurunkan kredibilitas penulisnya.

Makna original juga berarti unik. Paling ideal adalah berisi tema yang belum pernah dibahas sebelumnya oleh orang lain dan sedang populer. Artikel seperti ini pasti akan menarik.


6. Format konten

Setelah artikel selesai dibuat, hal selanjutnya adalah memformat konten tersebut. Tempatkan beberapa multimedia seperti gambar atau video yang relevan. Atur pemisahan antar paragraf dengan baik. Buang kata atau kalimat yang tertulis dua kali. Hindari kata-kata yang tidak perlu.


7. Kalimat penutup

Artikel yang baik memiliki struktur yang lengkap. Ada pembuka, isi dan penutup. Dan kalimat penutup adalah akhir dari penjelasan isi artikel. Idealnya ditutup dengan kesimpulan. Namun tidak ada salahnya agar tetap menjaga komunikasi dengan pembaca, bisa digunakan kata-kata ajakan untuk ikut merespon artikel. Seperti, "Anda punya pendapat lain?" Atau dengan kalimat tanya, seperti, "Bagaimana, mudah bukan?"


8. Meta description

Meta description ini akan tampil pada hasil penelusuran google. Maka, buatlah kalimat singkat yang relevan untuk memudahkan pengunjung mengetahui isi konten.


9. Baca kembali

Inilah yang sering dilupakan oleh sebagian besar blogger. Mereka lupa untuk melihat hasil tulisan terlebih dahulu sebelum benar-benar dipublikasikan. Padahal hal ini perlu dan sama pentingnya dengan membuat artikel.

Maka luangkan waktu sebentar untuk membacanya. Saya yakin, minimal satu, dua atau bahkan lebih ada kesalahan ketik dalam tulisan.



10. Optimalisasi SEO on page

Pastikan keyword ada dalam judul, paragraf awal, tengah dan akhir. Gunakan pula tags header h1, h2, h3 untuk memberikan sinyal bagi googlebot. Jangan lupa pula memberika tags ATL pada gambar. Dan pastikan permalink disesuaikan dengan judul dan keyword.


11. Optimalisasi SEO off page

Promosikan artikel yang dibuat ke jejaring sosial seperti google plus, facebook dan twitter. Submit ke webmaster tools dari google dan bing. Submit pula ke sosial bookmark. Dan tetap terus blogwalking untuk berkomunikasi dan mengenalkan blog kita kepada blogger yang lainnya.
 
Demikian yang bisa saya sampaikan terkait cara sederhana membuat postingan bagi pemula. Tidak ada yang sulit bagi siapapun yang mau mencobanya. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon