Monday, October 31, 2016

Ini Lho Ciri-ciri Blog yang Tidak Pernah Kena Pinalty Google

Beragam cara diupayakan agar blog mendapatkan tempat yang terbaik di mesin pencari. Menempati posisi tinggi dan menarik jumlah volume visitor yang banyak. Dalam istilah yang sangat populer adalah SEO, atau Search Engine Optimization. Bisa dikatakan, berhasil tidaknya sebuah situs di mata mesin pencari, adalah dengan mengoptimalkan teknik SEO itu sendiri.

Ciri-ciri Blog yang Tidak Pernah Kena Pinalty Google
Namun, jangan salah. Tidak sedikit para admin situs atau blogger yang telah berupaya mengoptimalkan SEO ini justru terjerat dalam pelanggaran pedoman dan aturan google. Alih-alih menjadikan blog makin baik, justru terkena penalty dari google itu sendiri. Sebab kegiatan SEO yang dilakukan dianggap telah melanggar aturan dan rekomendasi google. Hasilnya, blog akan deindex dari pencarian hingga pada hukuman paling ekstrim yakni dihapus atau delete.
 
 
Untunglah, menempati peringkat yang baik dalam hasil pencarian tanpa terkena hukuman penalty google itu tidaklah sulit untuk dilakukan. Sebab terdapat banyak blog berperingkat tinggi tanpa terkena penalty sedikitpun. Blog-blog tersebut memiliki semua persyaratan sesuai rekonmendasi google. Lalu apa saja cirri-ciri blog tersebut? Berikut penjelasannya


Ciri-ciri Blog yang Tidak Pernah Kena Pinalty Google

Konten original

Tidak dapat dipungkiri, memang benar bahwa konten adalah raja. Komponen yang sangat menentukan bagi mesin google maupun visitor. Algoritma google sangat sensitif mengenai kualitas konten ini. Jika terjadi duplikasi, maka mesin google akan kesulitan untuk merayapinya. Lalu di mata visitor, konten hasil menyalin sumber lain, akan menurunkan kredibiltas blog itu sendiri. Maka, membuat konten yang original dan berkualitas adalah cara terbaik untuk menarik lalu lintas visitor dan tetap mendapatkan kredit terbaik dari mesin pencari.

Konsistensi konten

Google sangat menyukai situs yang terus menambahkan konten segar dan berkualitas. Update dan pembaruan yang konsisten membantu mesin google untuk terus rajin merayapinya. Inilah faktor utama mengapa sebuah blog akan menempati posisi tinggi dalam hasil pencarian jika terus mendapatkan sentuhan update konten yang baik dan berkualitas.

Batasi tamu blogger

Guest blogging atau blogging tamu merupakan salah satu cara yang bagus untuk membangun otoritas dan citra merek blog. Pada lingkup dunia internet marketing, guest blogging dapat menciptakan bukti sosial untuk produk dan jasa yang ditawarkan. Namun perlu diperhatikan soal backlink yang ada. Sebab, jika tidak hati-hati, bukan menambah kredibilitas blog kita, namun justru menambah hadirnya spam baru yang tidak relevan sama sekali.
 
 
Maka wajar jika Google melarang keras setiap blog atau website yang menggunakan tamu blogging murni untuk membangun link. Saya tidak mengatakan untuk menghentikan guest blogging ini. Tetapi perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya. Saran saya adalah bahwa guest blogging hanya untuk tujuan branding, bukan backlink murni. Hal ini lebih aman di mata google.

Relevansi backlink

Beberapa tahun terakhir ini google telah banyak melakukan perubahan algoritma penelusurannya. Kini jumlah dan relevansi backlink menjadi faktor baru. Backlink dari situs-situs yang tidak relevan akan menggoda algoritma google untuk memberikan sanksi. Maka, pastikan saat mencari backlink hanya menargetkan situs yang relevan dan sesuai niche blog.

Bersihkan link spam

Adanya link berkualitas rendah atau spam yang merujuk ke blog kita, adalah masalah bagi algoritma google. Maka, rutinlah memonitor link spam tersebut untuk menjaga kesehatan blog kita. Untuk mengetahui link-link yang merujuk ke blog kita, silakan menuju ke google webmaster tools. Download semua link yang ada. Lalu analisa link tersebut. Link dengan kualitas rendah, sebaiknya dihapus saja.

Derivasi anchor text

Target link yang dimasukkan ke dalam anchor text memang sangat bermanfaat untuk mendongkrak kualitas blog dari sisi kata kunci dalam tautan. Makin banyak dan beragam, makin menambah derivasi kata kunci yang tertarget. Namun, perlu diwaspadai, bahwa hadirnya anchor text bisa menjadi semacam manipulasi bagi mesin google. Tidak perlu dibatasi, hanya tetap berhati-hati dan tidak terlalu berlebihan dalam menggunakannya.

Desain responsive

Dalam beberapa tahun terakhir ini, google telah mendapatkan analisa mengenai jumlah pengunjung dari smartphone, tablet dan perangkat mobile lainnya. Sehingga algoritma terbaru google adalah mengutamakan wesbitie responsive pada semua jenis perangkat, baik desktop maupun mobile. Maka pastikan blog kita memakai template responsive dan mobile friendly.

Image original

Meski bukan menjadi komponen utama SEO, image atau gambar juga berperan untuk menghadirkan sanksi dari google. Pemakaian image yang asal comot sana sini tidaklah baik bagi mesin pencari. Atau paling tidak, bisa menurunkan kredibilitas blog itu sendiri. Padahal untuk mendapatkan gambar, sebenarnya banyak penyedia image online yang gratis dan bebas royalty.

Slowdown! Because google just a robot

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat blog yang sesuai dengan rekomendasi google. Hanya perlu memahami semua aturan dan pedoman terbaru dari google. Akan tetapi sekali lagi saya sampaikan, bahwa google is not human. Google adalah mesin atau robot. Tidak bisa menilai 100% kebenaran dan kesalahan yang ada. Sehingga, tidak perlu kecewa yang mendalam jika beberapa kali blog milik kita tiba-tiba lenyap dari peredaran karena telah dihapus olehnya. Atau mungkin tiba-tiba deindex tanpa kejelasan yang pasti. Dan berlaku pula bagi layanan google yang lain, seperti google adsense. Jangan terlalu diambil hati jika memang sudah puluhan kali ditolak google adsense tanpa alasan yang jelas. Ingat, google is just a robot. Tidak punya empati, nilai dan juga perasaan seperti halnya manusia. Close.


EmoticonEmoticon