Monday, October 31, 2016

Bosan Ngeblog? Simak Tips Agar Ngeblog Jadi Lebih Menyenangkan

tips mengelola blog
Saat awal pertama kali membuat blog, rasanya hanya ada satu semangat, yakni terus membuat artikel postingan. Kemudian setelah rutin berjalan beberapa waktu, mulailah sindrom jenuh dan bosan menghinggapi. Perlahan semangat mulai luntur. Dan fokus pun mulai hilang.

Jika tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin, predikat sebagai blogger akan hilang seiring dengan blog yang juga lenyap dari peredaran google gara-gara tidak pernah diurus.

Permasalahan bosan dan jenuh hampir dirasakan oleh semua orang. Apalagi rutinitas yang dikerjakannya itu-itu saja, tanpa ada perubahan dan progress yang nyata. Misalnya, target menjadi blogger adalah mendapatkan approve adsense. Namun setelah setahun berjalan, tidak juga mendapatkan persetujuan adsense. Akhirnya lempar handuk, berhenti mengelola blog.

Nah, agar aktivitas ngeblog menjadi sesuatu yang menyenangkan meski hasilnya ‘belum’ sesuai harapan, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut.


Tips agar ngeblog jadi mudah

Tulis jadwal

Buatlah tulisan sederhana yang berisi jadwal kapan harus ngeblog. Bisa dibuat dalam secarik kertas yang ditempel di pintu kamar, kaca almari, atau di samping meja makan. Agar selalu diingatkan agar segera mengalihkan perhatiannya saat tiba waktunya ngeblog. Misal dengan kalimat, “Ingat, hari Selasa, buat 1 artikel saja.” Dengan hadirnya tulisan seperti ini atau semacamnya, maka sahabat akan merasa diingatkan kembali.


Out from desk

Duduk di depan komputer adalah salah satu yang dapat memicu kebosanan. Maka, sesekali jalan-jalan untuk sekedar cuci mata atau nongkrong sambil minum secangkir kopi atau jus.


Blocknote

Bawa buku kecil atau bisa pula menggunakan aplikasi evernote dalam smartphone untuk menulis ide-ide yang masuk secara tiba-tiba. Tujuannya adalah agar ide tersebut tersimpan. Dan kemudian dijabarkan saat berada di depan komputer lagi.

Jangan terlalu ori

Apa maskudnya? Lupakan ide asli buatan sendiri. Sebab ide artikel berlimpah ruah banyaknya. Dan tersedia dengan sangat mudah. Bisa lewat browsing, baca buku, majalah, koran, booklet dan sebagainya. Hanya perlu sentuhan sedikit, maka artikel pun sudah jadi. Tidak perlu terlalu serius membuatnya.


Pahami asset

Jika sahabat mulai merasa bosan, coba luangkan waktu sebentar saja guna melihat semua konten yang telah sahabat buat. Lalu renungkanlah, bahwa konten tersebut sebenarnya semacam investasi untuk mendapatkan sesuatu di kemudian hari. Dengan harapan, muncul kembali motivasi untuk berkarya melalui blog tersebut.


Tidak perlu jadi ahli

Agar ngeblog terasa mudah, posisikan diri kita bukan sebagai ahli, alias semacam reporter saja. Sebab, bahasa konten yang ada akan berbeda. Seorang ahli membutuhkan keseriusan pemikiran sebelum benar-benar mengisi artikelnya. Namun seorang reporter, hanya melaporkan informasi yang ada. Tanpa harus beripikir secara mendalam isi konten yang ada.


Konten campur

Tips selanjutnya agar ngeblog jadi mudah adalah mengisi konten dengan ragam yang berbeda. Misal, menambah video atau flash. Bisa pula dengan merubah niche, yang sebelumnya bertema blogging, kini jadi blog gado-gado alias campur bawur. Tindakan semacam ini lebih efektif saat kehabisan bahan postingan.


Pendek padat

Hindari paradigma, bahwa jumlah postingan harus sekian ratus kata. Tidak. Karena pada hakikatnya, tidak semua informasi memerlukan jumlah rangkaian kalimat yang panjang. Pendek pun, jika sudah berisi inti informasi, sudah cukup. Sedangkan kalimat yang lain, adalah sebagai tambahan saja.


Blogwalking cerdas

Saat sahabat membaca postingan pada blog yang bertrafik tinggi, dan merasakan ada beberapa kejanggalan, maka jangan diam saja. Buatlah komentar singkat dan padat. Lalu buat postingan sendiri yang berisi pendapat berbeda dan tambahkan link pada blog tersebut. Bukan tidak mungkin, suatu saat blog sahabat akan mendapatkan kunjungan gratis dari pelanggan blog bertrafik tinggi tersebut. Atau paling tidak, mendapatkan backlink darinya.


Kreasi gambar

Berkreasilah untuk menempatkan setidaknya 1 gambar pada setiap postingan. Telusuri postingan lama yang belum ada gambarnya, lalu cari gambar yang relevan untuknya. Beri sedikit tulisan ‘note’ pada gambar agar lebih menarik. Atau bisa pula berkreasi dengan photoshop, pain, corel draw dan lainnya. Aktivitas ini akan membuat kita lebih enjoy dalam mengelola blog.


Publikasi forum

Tidak ada salahnya mempublikasikan ulang postingan yang ada ke forum-forum yang satu niche dengan blog kita. Cari forum yang membernya rame dan banyak yang aktif. Dengan cara ini, peluang untuk mendapatkan respon dari member lainnya akan besar. Dan memberikan pengalaman berharga setelah postingan kita mendapakan banyak komentar.


Beli konten

Jika sahabat memang telah kehilangan semangat untuk update konten, tidak ada salahnya mengeluarkan beberapa rupiah untuk membeli artikel. Ada banyak jasa penyedia artikel yang bisa dipercaya dengan harga yang cukup terjangkau. Namun pastikan kualitas artikel dan lolos tidaknya artikel dari copyscape harus menjadi acuan pembelian ini.


Kesimpulan

Ada begitu banyak cara untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam mengelola blog. Sebab tidak ada aturan baku bahwa mengelola blog itu harus begini dan begitu, tidak ada. Kecuali bagi yang menginginkan kemudahan dalam meniti sukses menjadi seorang blogger yang professional. Tinggal apa pilihan kita dan bagaimana memanajemen waktu untuk meraih sukses itu.
 
Demikian beberapa tips untuk sahabat yang mulai merasa bosan dalam mengelola blog secara teratur. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa sampaikan pendapat sahabat melaui kolom komentar yang ada. Terima kasih.


EmoticonEmoticon